Inilah Lima Pelabuhan Terbesar di Asia Tenggara

Inilah Lima Pelabuhan Terbesar di Asia Tenggara
info gambar utama

Asia kini menjelma menjadi mesin ekonomi global abad ini dan menjadi rumah bagi beberapa pelabuhan terbesar di dunia. Dilansir dari Porttechnology.com, inilah lima pelabuhan terbesar di Asia Tenggara berdasarkan lalu lintas TEU 2018-2019.

  1. Port of Singapore

Port of Singapore adalah pelabuhan terbesar dan tersibuk di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah pelabuhan Shanghai di Tiongkok. Ini adalah satu-satunya pelabuhan di Asia Tenggara yang masuk dalam 10 besar dunia.

Port of Singapore | maritimeinfo.org
info gambar

Pada tahun 2019, pelabuhan ini melayani 37,2 juta TEU, meningkat 1,6% dibandingkan tahun 2018. Otoritas Pelabuhan Maritim (MPA) Singapura saat ini sedang dalam proses membangun Pelabuhan Tuas, yang akan menjadi pelabuhan terbesar di dunia dengan kapasitas 60 juta TEU dan dijangka beroperasi pada tahun 2040.

2. Port Klang, Malaysia

Port Klang adalah pelabuhan terbesar kedua di wilayah Asia Tenggara , dengan lalu lintas mencapai 12,3 juta TEU pada tahun 2018. Pelabuhan ini terletak di distrik Klang di Selangor di pesisir Selat Malaka, terletak di salah satu jalur laut tersibuk di dunia.

Port Klang | Cruisemapper.com
info gambar

Pada bulan Mei 2018, Westport, salah satu dari tiga operator terminal utama di Port Klang, mengumumkan telah mulai membeli tanah sebagai bagian dari rencana ekspansi, yang akan melihat pengembangan empat terminalnya.

3. Port of Tanjung Pelepas

Pelabuhan Tanjung Pelepas adalah pelabuhan terbesar ketiga di Asia Tenggara dan salah satu dari 20 pelabuhan terbesar di dunia, dengan perkiraan lalu lintas tahunan sebesar 12 juta TEU. Pelabuhan ini terletak di Johor Baru, Johor, yang dekat dengan Singapura.

Tanjung Pelepas Port | Linkedin.com
info gambar

Pada Oktober 2019 mengumumkan rencana untuk menggandakan kapasitasnya menjadi lebih dari 30 juta TEU pada tahun 2030.

4. Laem Chabang port

Pelabuhan Laem Chabang adalah pelabuhan terbesar keempat di Asia Tenggara dan melayani lalu lintas tahunan 8 juta TEU. Pelabuhan ini adalah terminal peti kemas paling canggih di Thailand, yakni Terminal D, yang dibuka pada Januari 2019.

Laem Chabang Port | Theresidents.com
info gambar

Pada November 2018, pelabuhan ini menyambut kapal terbesar yang pernah ada di pelabuhan Thailand, ONE Columba.

5. Pelabuhan Tanjung Priok

Pelabuhan terbesar di Indonesia ini menjadi pelabuhan terbesar ke-5 di Asia Tenggara dengan lalu lintas tahunan mencapai 7.8 juta TEU. Tanjung Priok mengelola hampir 50% lalu lintas perkapalan di Indonesia. Saat ini, pelabuhan ini sedang membangun kapasitasnya agar mampu melayani kapal-kapal terbesar di dunia.

Pelabuhan Tanjung Priok | bizlaw.id
info gambar

Proyek ini dijangka akan selesai pada 2022, dan akan mengoperasikan 7 terminal yang mampu melayani 18 juta TEU. Jika terlaksana sesuai jadwal, maka Pelabuhan Tanjung Priok akan menjadi pelabuhan terbesar ke 8 dunia.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini