Masjid Saka Bu’ana Masjid Bambu Terbesar Di Indonesia

Masjid Saka Bu’ana Masjid Bambu Terbesar Di Indonesia
info gambar utama

Masjid sejatinya tempat ibadah bagi umat muslim. Desain masjid yang begitu kental akan islami membuat siapa saja yang beribadah menjadi khusyuk. Begitupun masjid yang ada di Indonesia satu ini Masjid Bambu Saka Bu’ana ini memiliki desain bangunan bambu. Terletak di Tol Tangerang-Merak masjid ini baru saja diresmikan pada Senin kemarin tepatnya tanggal (20/1).

Desain dari masjid bambu ini memiliki model seperti perahu nangkub atau dengan posisi tengkurap. Menurut Yayasan Bambu Indonesia masjid ini memiliki arsitektur khas Jawa Barat bahkan, masjid bambu ini bisa dibilang terbesar di dunia.

Dilihat dari luar Masjid Saka Bu'ana nampak begitu indah |Banten News
info gambar

Dari keindahan Masjid Saka Bu'ana ini terlihat dari keunikan berupa bentuknya yang serat akan makna filosofi islami. Seperti adanya lima buah banbu runcing yang terletak di bagian mihrab yang memiliki arti rukun islam serta juga ada bambu yang berbentuk tudung puteri yang melingkar enam bilang potongan yang menggambarkan rukun iman.

Tak hanya itu terdapat juga dua buah tiang bambu terbesar di bagian mihrab yang memiliki arti dua kalimat syahadat. Luas bangunanya sendiri memiliki ukuran 260 meter persegi warna dari masjidnya sendiri yaitu menggunakan cat pernis supaya terlihat lebih menarik. Dibagian menara masjid juga dibuat dari struktur bambu dan memiliki tiga undakan pada ujung menara dan terdapat tulisan Allah dan juga dipasang pengeras suara.

Saat masuk kedalam masjid kawan GNFI akan disambut dengan gazebo yang bertulisakan lafadz Allah dan Muhammad diatasnya. Dan ketika ingin masuk lebih dalam lagi kawan GNFI yang mau beribadah akan merasakan hawa sejuk sebab, interior masjid sendiri seluruhnya menggunakan ornamen bambu.

Refrensi: News.id | Sindonews

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini