Akhirnya, Indonesia Mempunyai Universitas Hindu Negeri Pertama

Akhirnya, Indonesia Mempunyai Universitas Hindu Negeri Pertama
info gambar utama

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Agus Sugriwa, Denpasar Bali. UIH Denpasar ini merupakan Universitas Hindu pertama di Indonesia.

Dikutip dari Detik.com Jokowi sendiri telah meresmikan Universitas Hindu Negeri pada Minggu (2/02)

“Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan proses integrasi ilmu agama hindu dengan ilmu lain serta mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, perlu menetapkan Peraturan Presiden tentang Universitas Hindu Negeri I Gusti Ragus Sugriwa Denpasar”, demikian sepenggal pidato Jokowi dalam Perpres.

Sumber | Serikat Pekerja Nasional
info gambar

Perpres tersebut mengubah status dari kampus yang sebelumnya bernama Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. UHN Denpasar ini merupakan perguruan tinggi di lingkungan kementrian yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang agama.

Semua mahasiswa dari Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar otomatis dialihkan namanya menjadi Mahasiswa Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Peningkatan status dari Institut menjadi Universitas Negeri tentunya akan menjadi dampak besar pada kemajuan bidang pendidikan. Status sebagai Universitas akan memberikan nilai ruang yang lebih luas dan melakukan kajian-kajian akademik sebagai tanda bagian penting peningkatan intelektualitas.

Refrensi: Detik | Balipost

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini