Varian Nasi Olahan Indonesia (Bagian 2)

Varian Nasi Olahan Indonesia (Bagian 2)

Nasi Bakar © masakapahariini.com

Rasanya belum kenyang ya kalau membahas makanan hanya di satu artikel. Nah, bacaan berikut ini akan menjadi lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu masih membahas tentang olahan nasi.

Gimana kalian sudah coba olahan nasi yang mana? Kalau masih bingung, coba simak tulisan berikut ini ya siapa tahu bisa memberikan kalian ide atau informasi tambahan.

Nasi Kebuli

Foto: Batamnews.co.id

Nasi kebuli artinya bukan nasi yang suka dianiaya ya, tapi nasi yang merupakan olahan nasi dengan rempah-rempah khusus dan biasanya disajikan dalam bentuk besar untuk dimakan bersama dengan keluarga atau kerabat.

Nasi akan dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan bersama daging kambing goreng atau sate kambing.

Aroma tajam dan rasa yang gurih membuat siapapun tidak dapat menolak kenikmatan nasi kebuli ini.

Oh iya, nasi ini juga masih ada pengaruh budaya Arab loh! Tapi kalian tidak usah takut, nasi ini juga sudah dinikmati oleh warga betawi sedari dulu, bahkan juga sudah mudah untuk ditemui di restoran-restoran yang ada di Tanah Air. Berminat untuk mencoba? Hati-hati darah tinggi ya.

Nasi Kuning

Foto: idntimes.com

Seperti namanya, nasi ini memang berwarna kuning. Nasi ini juga populer loh di kalangan masyarakat. Nasi kuning merupakan olahan beras ketan yang dimasak bersamaan dengan kunyit serta bumbu lainnya sehingga warnanya menjadi kuning terang.

Dahulunya nasi ini dibuat untuk acara pernikahan dan acara besar lainnya. Namun sekarang siapapun bisa membuat atau mencicipinya dengan membeli di penjual-penjual rumahan.

Pada zaman dulu, nasi ini juga bisa dijadikan nasi kepal atau nasi gulung, dibuat untuk bekal dalam melakukan perjalanan, atau menjadi tumpeng sebagai pembuka acara resmi.

Makanan pelengkap nasi kuning ada ayam goreng, bawang goreng, telur dadar, tempe orek, dan tak lupa sambal. Cocok juga nih untuk jajanan murah meriah namun membuat perut kenyang!

Nasi Bakar

Foto: Resephariini.com

Wah, unik ya namanya? Tapi pasti kalian sudah pernah mendengarnya. Nasi bakar, biasanya dibakar menggunakan daun pisang untuk bungkusnya. Di dalamnya biasanya ada teri, ayam suwir, cabai, daun kemangi, dan bumbu penyedap lainnya. Oh iya, bisa juga ditambahkan petai.

Rasanya gurih, pedas, asin, pokoknya pas dan menggugah selera. Harum aromanya membuat lidah tak tertahankan untuk mencoba. Selain mudah untuk dibuat, nasi ini juga cukup populer loh sebagai kuliner favorit keluarga. Kalau kalian gimana sudah pernah mencoba nasi bakar?

Nah, itu dia beberapa informasi tambahan seputar olahan nasi. Jadi lapar ya? Ya sudah yuk buruan bikin atau pesan nasi mana yang kalian mau.


Referensi: travel.kompas.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Varian Nasi Olahan Indonesia (Bagian 1) Sebelummnya

Varian Nasi Olahan Indonesia (Bagian 1)

Biar Anak Anda Sukses di Sekolah & di Kehidupan, Ini 3 Tipsnya Selanjutnya

Biar Anak Anda Sukses di Sekolah & di Kehidupan, Ini 3 Tipsnya

Raka Nugraha
@rakanugraha

Raka Nugraha

I'm curios about everything, and i'm support the indonesian good news!

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.