Ragam Sambal yang Ada di Nusantara (Bagian 1)

Ragam Sambal yang Ada di Nusantara (Bagian 1)

sambal merah © idntimes.com

Rasanya agak kurang ya makan kalau tidak ada sambal? Benar bukan? Sekarang berbagai olahan sambal bermunculan menjadi daya tarik dalam kuliner.

Sambal diyakini sebagai penyedap dan penggugah selera makan, bahkan menjadi santapan favorit untuk menemani lauk di rumah. Ternyata di Indonesia sendiri, punya beragam macam sambal lho! Apa saja? Mari kita simak.

Sambal Cabe Ijo

Foto: resepkakak.com

Sambel ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Sambel cabe ijo atau bisa disebut sambal lado ijo, adalah sambal yang biasanya disajikan di rumah makan padang.

Secara tekstur sambal ini kasar karena diulek. Bahan utama sambal ini adalah cabai hijau besar. Dari segi rasa sebenarnya sambal ini tidaklah begitu pedas. Cara membuatnya juga tidak sulit, dan bisa kalian coba di rumah.

Pertama kukus cabai hijau besar, pastikan buang terlebih dahulu biji cabainya. Setelah dikukus, campur cabai dengan bahan lainnya seperti tomat, bawang putih, dan gula, lalu ditumis.

Setelah ditumis, diulek lalu dicukuri dengan jeruk nipis. Rasa yang tidak begitu pedas dan segar cocok buat kalian yang tidak begitu suka dengan pedas namun tetap ingin mencicipi sambal.

Sambal Rujak

Foto: craftlog.com

Wah ini sih sudah favorit ya pasti? Siapa yang tidak tahu sambal rujak? Rasanya tidak mungkin tidak ada yang mengetahuinya.

Sajian pelengkap ini sudah sangat umum dihidangkan bersama buah-buahan segar seperti bengkoang, pepaya, belimbing, dan pisang muda.

Bahan-bahannya juga mudah, yaitu cabai rawit, kacang tanah, gula merah, garam, air (jika perlu). Semuanya diulek hingga halus, dan siap dicicipi di kala waktu senggang untuk menggoyangkan lidah kita.

Sambal Terasi

Foto: Blibli.com

Siapa yang suka dengan sayur asem? Atau tahu goreng? Gimana kalau ditambah tempe goreng juga? Tapi belum lengkap, kalau belum ada sambal terasi! Setuju kan?

Sambal ini sudah menjadi ikon di antara sambal-sambal yang ada di Indonesia. Hampir di seluruh pelosok negeri ini, orang-orang tahu dengan sambal ini. Populer juga ya sambal ini ternyata.

Bagaimana cara bikin sambal terasi ini? Pastinya ada cabai dan terasi ya. Cabainya bisa cabai merah atau rawit, bahan selanjutnya ada tomat, garam, bisa juga ditambah dengan wijen sangrai. Semuanya ditumis bersama, setelah ditumis digoreng lalu disajikan deh, mudah kan?

Jadi di antara sambal sambal di atas yang mana yang menjadi favorit kalian? Tapi patut diingat ya, walaupun kita sangat suka dengan sambal, harus berhati-hati juga jika tidak ingin lambungnya bermasalah nantinya, selamat mencoba Kawan GNFI!


Referensi: dbs.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Masjid Saka Bu’ana Masjid Bambu Terbesar Di Indonesia Sebelummnya

Masjid Saka Bu’ana Masjid Bambu Terbesar Di Indonesia

3 Tips Public Speaking Agar Anak Anda Makin Percaya Diri Selanjutnya

3 Tips Public Speaking Agar Anak Anda Makin Percaya Diri

Raka Nugraha
@rakanugraha

Raka Nugraha

I'm curios about everything, and i'm support the indonesian good news!

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.