Ragam Sambal yang Ada di Nusantara (Bagian 2)

Ragam Sambal yang Ada di Nusantara (Bagian 2)
info gambar utama

Kayaknya kurang ya kalau kita bahas sambal hanya sampai di artikel sebelumnya, karena di Indonesia ini banyak sekali ragam dan kreasi kuliner dari cabai ini.

Kalian setuju kan kalau ini akan menjadi artikel kedua dari ragam sambal? Okay, kalau begitu mari kita simak kelanjutannya.

Sambal Bawang

Foto: Resep Makanan Nusantara/Youtube.com
info gambar

Sudah pasti ya sama dengan namanya, sambal ini memiliki aroma khas bawang. Bahan dasar sambal ini adalah cabai rawit dan bawang putih.

Sambal ini lagi tenar loh kawan-kawan, karena sambal ini merupakan teman dari ayam geprek yang sekarang sedang merajalela dimana-mana. Pedasnya juara, dan pastinya enak untuk disantap dengan nasi ketika lapar.

Oh iya cara pembuatannya, dari bahan-bahan yang sudah disebutkan, selanjutnya diulek dan disiram dengan minyak panas ya kawan, jadi deh dan siap membakar lidah kalian.

Sambal Matah

Foto: caramembuat.id
info gambar

Wah yang satu ini sih juga gak kalah populer nih, sambal matah atau sambal mentah. Betul sambal ini tidak perlu ditumis atau dimasak, sambal ini hanya perlu dicampur lalu disajikan. Bahan-bahannya ada cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, jeruk, serai, garam, gula.

Setelah semua bahan diiris, lalu aduk dalam satu wadah lalu disiram dengan minyak kelapa, jadi deh sambal kekiniannya.

Kabarnya selain nikmat sambal ini juga sangat baik loh untuk kesehatan kita, jadi kalian berniat untuk mencoba tidak?

Sambal Dabu-dabu

Foto: cnnindonesia.com
info gambar

Segar sekali bukan? Sambal ini memiliki kemiripan dengan sambal matah, karena keduanya tidak perlu dimasak, cukup diiris lalu disajikan. Namun bedanya kalau sambal matah menggunakan kecombrang dan serai sebagai bahan khasnya, dabu-dabu menggunakan tomat.

Sambal dabu-dabu ini menggunakan cabai (cabai merah besar dan atau cabai rawit), bawang merah, tomat, jeruk limau, garam, gula, dan minyak.

Semua bahan yang sudah diiris tipis tersebut dimasukkan ke dalam mangkuk lalu siram dengan kucuran jeruk limau dan diaduk-aduk. Terakhir siram dengan minyak panas dan tunggu sampai semua bahan meresap.

Menggiurkan sekali ya sambal-sambal di atas, gimana kalian berminat untuk mencoba membuatnya? Atau kalian punya kreasi sambal kalian sendiri?


Referensi: dbs.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini