Dua Pulau Indonesia Masuk 10 Pulau Terbesar di Dunia

Dua Pulau Indonesia Masuk 10 Pulau Terbesar di Dunia
info gambar utama

Indonesia memiliki banyak julukan yang diberikan oleh dunia, salah satunya julukan sebagai negara seribu pulau.

Tidak heran jika Bumi Pertiwi ini mendapat julukan tersebut, hal tersebut lantaran Indonesia memiliki ribuan pulau.

Menurut data tahun 2018 Badan Pusat Statistik Indonesia, Indonesia memiliki 17.504 pulau yang tersebar di 32 provinsi seluruh Indonesia.

Tahukah Kawan GNFI bahwa dua pulau di Indonesia masuk ke dalam 10 pulau terbesar di dunia? Berikut dua pulau tersebut.

Kalimantan

Ilustrasi Pulau Kalimantan | Foto: mancingmania.com
info gambar

Kalimantan yang disebut juga sebagai Pulau Borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas wilayah 743.330 kilometer persegi.

Kalimantan memiliki hampir enam kali luas Pulau Jawa yang kini telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai lokasi ibu kota yang baru, tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pulau dengan julukan Pulau Seribu sungai ini terletak di antara Pulau Jawa di sebelah utara, Selat Malaka di sebelah timur, Pulau Sulawesi di sebelah barat, dan Filipina di sebelah selatan.

Selain dikelilingi oleh pulau lainnya, Pulau Kalimantan juga dikelilingi oleh lautan, seperti Laut Tiongkok Selatan di sebelah barat dan utara barat, Laut Sulu di utara timur, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di Timur, serta Laut Jawa dan Selat Karimata di bagian selatan.

Tak hanya itu, pulau ini juga berada di tengah-tengah Asia Tenggara sehingga banyak mendapat pengaruh budaya dan politik dari pulau-pulau sekitarnya.

Sekitar tahun 400, Pulau Kalimantan telah memasuki zaman sejarah dengan ditemukan prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai, tapi perkembangan kemajuan peradaban relatif lebih lambat dibandingkan pulau lainnya karena kendala geografis dan penduduk yang lebih sedikit.

Pada zaman dahulu, kata Borneo berasal dari nama Kesultanan Brunei yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut pulau ini secara keseluruhan.

Kemudian, tercetuslah kata Kalimantan yang biasa digunakan oleh pendudukan bagian timur pulau ini.

Pulau ini juga memiliki sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Kapuas dengan Panjang 1.143 kilometer.

Sumatra

Ilustrasi Pulau Sumatra | Foto: bpsplpadang.kkp.go.id
info gambar

Selanjutnya ada Pulau Sumatra yang berada di urutan keenam sebagai pulau terbesar di dunia dengan luas wilayah 473.481 kilometer persegi setelah Pulau Baffin, Kanada.

Asal nama Sumatra berawal dari keberadaaan Kerajaan Samudra yang terletak di pesisir timur Aceh. Berawal dari sebuah kunjungan Ibnu Batutah, seorang petualang asal Maroko ke Sumatra pada tahun 1345.

Ibnu melafalkan kata Samudra menjadi Samatrah, dan kemudian menjadi Sumatra sampai nama tersebut tercantum dalam peta-peta di abad ke-16 buatan Portugis, sehingga kemudian dikenal meluas sampai sekarang.

Pulau yang dikenal sebagai Pulau Percha atau Andalas ini terletak di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara.

Di sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala, di sebelah timur dengan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Selat Sunda, dan di sebelah barat dengan Samudra Hindia.

Selain itu, di sebelah timur pulau juga banyak dijumpai rawa-rawa yang dialiri oleh sungai-sungai besar yang bermuara di sana.

Di bagian barat Pulau Sumatra, terbentang pula Pegunungan Bukit Barisan yang membujur dari barat laut ke arah tenggara dengan panjang kurang lebih 1.500 kilometer.

Sepanjang bukit barisan tersebut terdapat puluhan gunung, baik yang aktif maupun tidak aktif, seperti Gunung Sinabung, Gunung Kerinci, Gunung Kaba, Gunung Dempo, dan lainnya.

Di pulau Sumatra ini juga terdapat beberapa danau, antara lain Danau Toba, Danau Ranau, Danau Talang, Danau Maninjau, Danau Diatas, Danau Dibawah, Danau Singkarak, Danau Kerinci, dan Danau Laut Tawar.

Referensi: Wikipedia | Wikipedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dessy Astuti lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dessy Astuti. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini