Griselda Sastrawinata, Desainer Film Animasi Disney dari Indonesia

Griselda Sastrawinata, Desainer Film Animasi Disney dari Indonesia
info gambar utama

Beberapa rumah produksi film animasi besar di dunia adalah Dreamworks dan Walt Disney Animation Studios yang sebagian dari produk keluaran rumah produksi tersebut selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Namun, siapa sangka jika ada anak bangsa yang menjadi bagian dari produksi film-film animasi dari rumah produksi tersebut. Perkenalkan, dia adalah Griselda Sastrawinata, perempuan asal Indonesia yang turut dalam pembuatan film-film animasi yang sering menghiasi bioskop.

Perlu Kawan GNFI ketahui, Griselda merupakan lulusan dari ArtCenter College of Design, Pasadena, Amerika Serikat dan memulai karir bersama Walt Disney Animation Studios adalah pada film animasi Moana yang terdiri dari 800 orang dari 25 negara, di mana ia menjadi bagian Visual Development Artist. Terakhir, Griselda Sastrawinata menjadi bagian dari visual development artist untuk film Frozen 2 di mana Griselda menjadi desainer kostum untuk karakter utama pada film Frozen 2 yakni Anna dan kostum untuk tokoh-tokoh lainnya.

Griselda bertugas untuk membuat desain kostum Anna yang mengadaptasi dari berbagai negara | Foro : Disney.id
info gambar

Menjadi bagian dari Walt Disney Animation Studios merupakan impian Griselda sejak kecil. Griselda menyukai film-film seperti The Little Mermaid, Sleeping Beauty dan Lady in Tramp. Sampai akhirnya sesuatu yang digemarinya itu menjadi inspirasi baginya untuk merintis karir di industri animasi.

Griselda mengungkapkan bahwa menjadi bagian dari Walt Disney Animation Studios bukanlah hal yang dapat langsung ia raih setelah mendapat gelar sarjana. Menurutnya, selepas lulus dari Art Center College of Design di Pasadena, Amerika Serikat, Griselda bertemu Disney yang hadir pada acara Career Day. Griselda pun langsung menyerahkan lamaran kerja, dan baru mendapat respons setelah beberapa bulan. Namun, selama 10 tahun berikutnya, Griselda belum juga dapat bergabung dengan Disney karena selalu saja ditawarkan proyek ketika Griselda sudah memiliki pekerjaan. Sebaliknya, ketika Griselda sedang tidak mengerjakan proyek justru dari pihak Disney mengatakan tidak ada lowongan.

Kesempatan yang ditunggu pun akhirnya datang ketika Griselda dihubungi untuk proyek film Moana oleh Ron Clements dan John Musker. Mendapat apresiasi atas kinerjanya pada film Moana, membuat Griselda kembali dilibatkan dalam film Frozen 2. Sampai hari ini, Griselda merupakan satu-satunya pekerja Indonesia di departemen Art Disney dan perempuan Indonesia pertama yang bergabung di Walt Disney Animation Studios.

Sebelum memulai karir di Walt Disney Animation Studios, Griselda sempat bekerja di rumah produksi animasi besar lainnya yang berada di California, Amerika Serikat yakni Dreamworks.. Selama karirnya di dunia animasi, Griselda menjadi bagian dari berbagai film animasi yakni Shrek Forever After, Puss In Boots, How To Train Your Dragon 2, Kungfu Panda 2, The Croods, Home, Moana hingga yang terakhir adalah Frozen II.


Catatan kaki: media Indonesia | cnn

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini