Minuman Khas Indonesia yang Mendunia (Bagian 1)

Minuman Khas Indonesia yang Mendunia (Bagian 1)
info gambar utama

Kalau lagi musim kemarau enaknya minum yang dingin-dingin ya, yang segar pastinya. Biasanya kalian suka minum apa jika sedang haus dan merasa dehidrasi?

Selain air putih, ternyata Indonesia memiliki sederet minuman segar yang dicintai baik bagi orang Indonesia sendiri maupun warga mancanegara. Kira-kira minuman apa saja ya yang menjadi idola itu.

Cendol

Foto: asiansinspiration.com.au
info gambar

Cendol... cendol... dawet... dawet... Etss jangan joget ya hehe, ternyata minuman cendol ini disukai oleh banyak orang loh!

Minuman ini kabarnya adalah minuman favorit di wilayah Asia Tenggara nih kawan-kawan. Minuman manis dan gurih ini adalah olahan adonan tepung beras dan daun suji. Disajikan dengan santan dan gula merah cair lalu ditambahkan dengan es.

Wah kayanya memang sangat pas di lidah ya, cocok untuk melepas dahaga dikala panas terik dan pencuci mulut setelah makan berat. Cendol juga sudah banyak yang jual Kalian sudah pernah mencoba?

Sekoteng

Foto: Travellingyuk.com
info gambar

Kalau tadi yang dingin, sekarang kita bahas yang membuat badan hangat yuk? Sekoteng. Pasti kalian tahu dong minuman ini.

Minuman yang berasal dari Jawa Tengah ini berbahan dasar jahe, lalu dicampur dengan topping seperti kacang goreng, sekoteng dan kacang hijau, roti, hingga pacar cina.

Selain melepas dahaga, minuman ini juga bisa mengenyangkan nih. Harganya juga terjangkau, minuman ini sudah bisa ditemukan di mana-mana. Wangi aromanya dan lezat rasanya, berminat untuk merasakan sekoteng?

Bir Pletok

Foto: food.detik.com
info gambar

Bir yang satu ini asli khas Indonesia ya, dan tidak membuat mabuk pastinya hehe. Minuman ini berasal dari Jakarta, Sudah ada sejak zaman kolonialisme Belanda, bir ini tidak beralkohol.

Bir pletok terbuat dari jahe, serai, daun pandan, kayu secang, cengkih, kayu manis, kapulaga, dan pala.

Selain rasanya yang enak dan hangat, minuman ini juga berkhasiat baik bagi tubuh. Minuman tradisional ini sudah sangat terkenal loh! di seluruh lapisan masyarakat Indonesia, Bahkan bagi para turis dari luar negeri yang sangat menyukai lezatnya minuman ini.

Nah, gimana kalau menurut kalian? Apakah kalian sudah mengetahui minuman di atas? Atau baru tahu setelah membaca artikel ini?

Kalau baru tahu, semoga artikelnya bisa bermanfaat bagi informasi yang kalian dapatkan. Kalau belum mencoba, lekas mencobanya karena sangat Indonesia sekali rasanya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini