Mobil Listrik Akan Diwajibkan di Ibu Kota Baru Indonesia

Mobil Listrik Akan Diwajibkan di Ibu Kota Baru Indonesia
info gambar utama

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengatakan ibu kota baru Indonesia harus memakai mobil listrik sebagai kendaraan sehari-hari. Keterangan ini disampaikan Jokowi saat membuka pertemuan tahunan industri jasa keuangan tahun 2020 di Grand Ballroom, The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (16/1).

Di sambutannya itu Jokowi mengungkapkan bahwa pemindahan ibu kota bukan cuma memindahkan gedung pemerintah dan isinya saja, tapi juga mengubah pola pikir, pola kerja, dan hal-hal lain yang baru.

"Yang kita ingin pindahkan adalah sebuah perubahan pola pikir, pola kerja, sistem yang semuanya akan baru, kita akan install sistem sehingga orang mengikuti semua sistem yang ada," ucapnya, dikutip dari Detik.com.

Jokowi kemudian memamerkan desain ibu kota negara Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Di situ ia menunjukkan ibu kota baru adalah daerah yang hijau, smart city, compact city, dan sistem transportasi yang erba otomatis.

"Karena yang kita gunakan nanti adalah autonomous vehicle dan electric vehicle. Selain itu nggak boleh," lanjut mantan Wali Kota Solo tersebut, dikutip dari sumber yang sama.

Senada dengan Jokowi, Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan RI, juga pernah menyebut mobil listrik sebaiknya dipakai di ibu kota baru dan daerah-daerah wisata lainnya di Indonesia.

"Sebaiknya mesti mobil listrik, kemarin Pak Presiden menuju ke daerah-daerah wisata di Toba dan daerah-daerah lain diharapkan semua mobil listrik semuanya. Agar wisatawan yang ke sana betul-betul bisa menikmati udara yang bersih," ujar Moeldoko saat berkunjung ke Indonesia Electric Motor Show 2019 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2019), dikutip dari okezone.com.

Kemudian untuk menunjang pengadaan mobil listrik, Moeldoko mengatakan harus disediakan infrastruktur seperti stasiun pengisi daya (charging station) dan ekosistem yang baik.

Ekosistem yang dimaksud adalah menyambungkan ketersediaan listrik lalu tempat yang disediakan oleh pemerintah daerah serta teknologi pengisian daya yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

BPPT sendiri juga mengaku siap untuk menyiapkan ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir. Kepala BPPT, Hammam Riza, mengatakan Indonesia harus mengejar kesiapan teknologi di aspek Technology Readiness Levels (TRLs).

"Tingkat kesiapan teknologi di dunia sudah di angka delapan atau sembilan jadi siap semua untuk komersialisasi. Indonesia harus mengejar TRL dari produk-produk kendaraan listrik karya anak bangsa agar bisa mencapai TRL delapan atau sembilan," terang Hammam pada okezone.com.

Referensi: detik.com | okezone.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini