Ragam Jenis Daun Sebagai Wadah Makanan (Bagian II)

Ragam Jenis Daun Sebagai Wadah Makanan (Bagian II)

Daun Mangkokan © Jurnal Harian Asia

Pada artikel sebelumnya, yakni Ragam Jenis Daun Sebagai Wadah Makanan, Kawan GNFI sudah mengetahui empat macam daun yang dapat digunakan sebgai wadah atau bungkus makanan. Nah, ternyata, tidak hanya empat jenis daun saja, ada beberapa daun lain yang ternyata dapat digunakan sebagai wadah makanan, lho. Berikut adalah daun-daun lain yang dapat digunakan sebagai wadah makanan :

  1. Daun Jagung
Daun jagung kering juga biasa disebut dengan Klobot | Foto : DuPont Pioneer

Siapa yang tak mengenal bentuk tanaman jagung, salah satu tanaman palawija yang banyak ditanam di sawah maupun di kebun dan pekarangan rumah. Tidak hanya buahnya, ternyata daun jagung juga dapat dimanfaatkan, lho Kawan GNFI. Daun jagung kering dapat digunakan sebagai bungkus makanan tradisional seperti wajik ketan. Daun yang digunakan sebagai wadah adalah daun jagung yang sudah kering atau yang sudah berwarna kuning kecoklatan sehingga mudah dibentuk dan tidak mudah sobek.

  1. Daun Pandan
Jajanan yang dibungkus dengan daun pandan | Foto : IDN

Salah satu jenis daun yang memiliki aroma khas adalah daun pandan. Ya, karena aromanya yang khas, daun pandan kerap menjadi bahan campuran di dalam makanan sebagai penguat cita rasa dan wangi alami. Namun, selain digunakan sebagai bahan makanan, aroma khas daun pandan juga dapat melekat pada makanan yang dibungkusnya. Daun pandan biasanya digunakan sebagai bungkus makanan yang dimasak seperti kue cang, lepet, nasi dan kue bongkol yang mana makanan-makanan tersebut dibungkus daun pandan terlebih dahulu sebelum dimasak sehingga setelah masak makanan yang dibungkus daun pandan memiliki harum pandan.

  1. Daun Mangkokan
Daun mangkokan yang digunakan sebagai wadah makanan | Foto: IDN

Seperti namanya, daun mangkokan adalah daun yang bentuknya menyerupai mangkok yakni berentuk cekung di bagian tengah. Tumbuhan Mangkokan atau daun mangkokan memiliki nama latin Polyscias scutellaria merupakan tanaman hias di pekarangan dan salah satu tanaman obat yang cukup populer di Nusantara. Penggunaan daun mangkokan sebagai wadah makanan sangatlah mudah, yakni daun mangkokan cukup dibersihkan dengan air dan dilap dengan kain hingga kering, kemudian, berbagai macam makanan dapat disajikan di atas daun mangkokan.

Nah, beberapa daun di atas adalah daun-daun lain yang dapat digunakan sebagai wadah makanan. Selain mudah didapatkan, wadah makanan yang terbuat dari daun juga merupakan salah satu pilihan yang ramah lingkungan karena dapat dengan mudah terurai dengan tanah dan dapat menjadi kompos di dalam tanah.


Catatan kaki: Jurnal Pemanfaatan Daun Sebagai Pembungkus Makanan Tradisional

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih50%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Warna Hijau Alami dari Pandan Wangi dan Suji Sebelummnya

Warna Hijau Alami dari Pandan Wangi dan Suji

Biar Anak Anda Sukses di Sekolah & di Kehidupan, Ini 3 Tipsnya Selanjutnya

Biar Anak Anda Sukses di Sekolah & di Kehidupan, Ini 3 Tipsnya

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.