Nama-Nama Universitas Ini Terbaik Di Indonesia Hingga Asia

Nama-Nama Universitas Ini Terbaik Di Indonesia Hingga Asia
info gambar utama

Indonesia sendiri memiliki berbagai macam universitas negeri yang bisa dikatakan cukup baik dalam bidang pendidikan tetapi, Quacquarelli Symonds (QS) baru saja merilis daftar universitas terbaik di asia. Terdapat 10 universitaas terbaik salah satunya berada di Indonesia yang masuk dalam daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di Asia.

QS Asia University Ranking 2020 melakukan penillaian yang terdiri dari 550 universitas yang berada di Asia.

Dikutip dari CNNindonesia adapun indikator penilaian yang harus memenuhi acuan universitas terbaik di asia. Penilaian tersebut meliputi reputasi akademik dan juga lulusan, jaringan penelitian universitas internasional, pertukaran pelajar, makalah per fakultas, mahasiswa asing, fakultas internasional, staf pengajar dengan Phd, kutipan, dan publikasi ilmiah.

Urutan pertama dengan perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS Asia University Ranking yakni, Universitas Indonesia (UI) yang tepatnya berada diurutan 59 versi QS Asia dengan total skor 58,9. Diperingkat kedua ada Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai universitas terbaik versi QS Asia dengan skor 56,9 dalam versi QS Asia ITB berada di posisi ke 66 di Asia. Ini adalah sebuah prestasi bagi ITB karena tahun lalu ITB berada diposisi ke 73.

Disusul Universitas Gadjah Mada yang berada diperingkat ketiga dengan skor 55,6 yang berda diposisi 70 se asia. IPB menyusul dengan meraih posisi ke 132, lalu juga ada Universitas Airlangga dengan urutan 171, diperingkat 198 ada Institut Sepuluh November (ITS).

Berikut adalah Urutan peringkat Universitas terbaik se asia menurut QS Asia University

  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Institut Pertanian Bogor
  5. Universitas Airlangga
  6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  7. Universitas Bina Nusantara
  8. Universitas Padjajaran
  9. Universitas Diponegoro
  10. Universitas Brawijaya

Tak hanya di Asia beberapa Universitas ini juga termasuk Perguruan Tinggi Negeri terbaik yang ada di Indonesia sendiri. Seperti yang dikutip dari 4ICU University Rangkings sendiri telah meluncurkan daftar universitas terbaik di Indonesia. Dari 571 perguruan tinggi di Indonesia ini sepuluh di antaranya merupakan PTN yang terbaik di Indonesia.

Kriteria dari penilaiannya sendiri yakni, merupakan perguruan tinggi yang telah mendapatkan akreditasi oleh lembaga resmi di Indonesia. Selain itu, perguruan tinggi tersebut juga masuk dalam penilaian karena menggelar perkuliahan dengan tatap muka sebagai metode pembelajarannya. Berikut daftar Perguruan Tinggi Negeri terbaik yang ada di Indonesia menurut 4ICU University Rangking.

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Pendidikan Indonesia
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Brawijaya
  6. Universitas Negeri Yogyakarta
  7. Universitas Lampung
  8. Universitas Airlangga
  9. Universitas Pertanian Bogor
  10. Universitas Negeri Semarang

Refrensi: CNNindonesia | Quacquarelli Symonds | Kumparan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini