ICW Tempati Dua Ketgori "Global Go To Think Tank Index” 2019

ICW Tempati Dua Ketgori "Global Go To Think Tank Index” 2019

Logo ICW © antikorupsi.org

Indonesia Corruption Watch (ICW) pada 8 Februari lalu berada di peringkat 26 “Global Go To Think Tank Index” 2019 berdasarkan laporan yang dikutip dari The Lauder Institute of the University of Pennsylvania, USA. Dalam laporan tersebut, ICW kembali masuk kategori “Top Transparancy and Good Governance Think Tanks”. ICW naik satu peringkat dibandingkan tahun 2018, yang mana posisi ICW pada tahun 2018 berada di peringkat 27, kini menjadi 26 dari 67 organisasi global. Tidak hanya itu, untuk kategori “Think Tank to Watch” ICW juga menempati peringkat 65 dari 112 lembaga yang ada di berbagai negara.

Berdasarkan halaman resmi ICW, Indeks “Global Go To Think Tank” 2019 adalah laporan yang dihasilkan dari survei global yang dilakukan oleh “Think Tanks and Civil Societies Program” (TTCSP), dari The Lauder Institute of the University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut terdapat empat kategori dalam menyusun indeks, yakni kategori “Top Think Tanks in The World” skala global, “Top Think Tanks by Region” berdasarkan wilayah, “Top Think Tanks by Area of Research” berdasarkan area riset, dan “Top Think Tanks by Special Achievement” berdasarkan capaian khusus. ICW menempati kategori “Top Think Tanks” berdasarkan area riset.

Lembaga pengada survei | Foto : SurveyMonkey

Laporan penelitian dari The Lauder Institute of the University of Pennsylvania, “Global Go To Think Tank” yang dirilis pada 27 Januari 2020, menyatakan bahwa ICW berada dalam dua kategori sekaligus, yakni “Top Transparency and Good Governance Think Tank” pada peringkat 26 dan “Think Tank To Watch” yang merupakan sub-kategori “Think Tank” berdasarkan capaian khusus pada peringkat 65.

Perlu Kawan GNFI ketahui, Indonesia Corruption Watch (ICW) merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berdiri pada tahun 1998 tepatnya pada bulan Juni di Jakarta. ICW memiliki misi utama untuk memantau dan mempublikasikan insiden korupsi di Indonesia. Selain itu, ICW juga berperan dalam pencegahan korupsi melalui pendidikan, perubahan budaya, penuntutan dan reformasi sistem.

Dengan meningkatnya peringkat ICW di mata internasional, menandakan adanya peningkatan pencegahan korupsi di Indonesia. Hal tersebut merupakan apresiasi bagi ICW sendiri dan bagi Indonesia secara umum untuk terus membangkitkan semangat anti korupsi. Pencegahan dan pemberantasan korupsi bukan hanya tugas KPK dan ICW semata, namun juga tugas setiap lapisan masyarakat untuk menciptakan Indonesia yang bersih dari korupsi.


Catatan kaki: icw | wikipedia

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang67%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau33%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ragam Bubur Khas Indonesia (Bagian 2) Sebelummnya

Ragam Bubur Khas Indonesia (Bagian 2)

Biar Anak Anda Sukses di Sekolah & di Kehidupan, Ini 3 Tipsnya Selanjutnya

Biar Anak Anda Sukses di Sekolah & di Kehidupan, Ini 3 Tipsnya

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.