Danau Cinta; Salah Satu Daya Tarik Destinasi Wisata di Papua

Danau Cinta; Salah Satu Daya Tarik Destinasi Wisata di Papua
info gambar utama

Daratan Papua memiliki banyak keindahan alam yang tersembunyi dan patut dikunjungi. Setelah sebelumnya terdapat pasir putih atas bukit yang berada di Wamena, kali ini ada Danau Cinta atau Telaga Cinta yang berada di Bukit Sentani. Danau Cinta, tentunya diberikan nama “cinta” karena bentuk dari danau tersebut yang seperti hati dan tidak jarang digunakan sebagai latar tempat pasangan untuk mengabil foto prewedding.

Danau Cinta berada di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura yang berbatasan dengan Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. Untuk menuju ke Danau Love atau Telaga Cinta ini, dari Bandara Sentani perjalanan bisa di tempuh sekitar 1 jam atau lebih. Kawan GNFI dapat menggunakan moda transportasi laut ataupun darat untuk menuju Danau Cinta. Bagi Kawan GNFI yang ingin menggunakan jalur laut, maka Kawan GNFI dapat menggunakan perahu atau speedboat dari Pelabuhan Yahim yang berada di belakang Bandara Sentani untuk menuju ke Pelabuhan Kawi di Desa Putaly. Sementara, untuk perjalanan darat, Kawan GNFI dapat menggunakan kendaraan beroda dua ataupun roda empat untuk menuju Danau Cinta dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Titik awal perjalanan menuju Danau Cinta dapat dimulai di Bandara Sentani | Foto : YouTube
info gambar

Perjalanan Kawan GNFI menuju Danau Cinta akan dihiasi dengan hamparan bukit berwarna hijau. Keindahan Danau Love didukung dengan luasnya Danau Sentani dan ketinggian Gunung Cyclop yang berfungsi sebagai sumber air bagi warga Kabupaten dan Kota Jayapura. Jika dipandang dari sudut lain dengan ketinggian tertentu, tampak simbol hati dikelilingi bukit-bukit hijau, itulah Danau Cinta. Namun, Kawan GNFI disarankan untuk tidak menuju di Danau Cinta menjelang malam hari, karena kondisi sepanjang perjalanan yang dilalui terbilang sepi. Jika Kawan GNFI sudah sampai di lokasi Danau Cinta, Kawan GNFI akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 20.000,00 bagi yang mengendarai sepeda motor dan Rp 50.000,00 bagi yang mengendarai mobil.

Danau Cinta atau Telaga Cinta tersebut memiliki nama lain yang lebih dikenal oleh penduduk setempat, yakni Danau atau Telaga Imfote. Namun, baik menggunakan nama Danau Cinta ataupun Danau Imfote, hal yang pasti adalah danau tersebut menyajikan keindahan yang memanjakan mata dan tentunya ingin berlama-lama di sana.

Itulah sebabnya kawasan Indonesia Timur patut untuk dikunjungi, karena terbukti ada “cuilan surga” yang turun di tanah Papua.


Catatan kaki:pesona travel | nusae

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini