Keren! Startup dari Yogyakarta Ini Kembangkan Taksi Terbang dengan Teknologi Drone

Keren! Startup dari Yogyakarta Ini Kembangkan Taksi Terbang dengan Teknologi Drone

Drone taksi atau taksi terbang © Frogs.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Startup tersebut bernama Frogs, sebuah perusaan yang bergerak dalam bidang teknologi khususnya teknologi drone. Frogs berbasis di Yogyakarta tepatnya di Bangunharjo, Sewon, Bantul.

Tim dari Frogs terdiri dari orang-orang hebat, yang berpengalaman dalam industri pesawat terbang.

Sebagai startup, Frogs adalah bagian dari portofolio dalam bidang pengembangan berbagai jenis drone seperti drone sprayer, surveillance, drone cargo, seed drone, dan drone passanger.

Tim pengembang dari drone taksi | Foto: Frogs.id

Sebelum memulai pengembangan dari drone taksi ini, tim dari Frogs telah melakukan riset selama hampir dua tahun dan menghabiskan dana mencapai Rp1 miliar.

Dengan membidik pangsa pasar dari jasa taksi udara, drone taksi tersebut nantinya akan dapat digunakan untuk mengangkut kargo atau barang, kebutuhan militer, juga berbagai kepentingan darurat seperti pertolongan pertama ke daerah-daerah yang membutuhkan dan sulit diakses melalui jalur darat.

Untuk saat ini prototipe dari drone taksi tersebut telah selesai dikembangkan mulai dari mainframe, motor, baling-baling, sampai baterai sebagai sumber tenaganya.

Drone taksi ini nantinya akan dapat mengangkut maksimal dua orang dengan batas beban 200 kg, dapat menempuh jarak sampai 100 km dengan hanya satu kali pengisian baterai, dan bisa terbang mencapai ketingian 2400 meter di atas permukaan laut selama kurang lebih satu jam.

Salah satu kelebihan yang nantinya bisa dirasakan ketika menggunakan drone taksi ini adalah pengguna atau user dapat sampai ke tujuan dengan lebih cepat karena melalui jalur udara jadi dapat terhindar dari macet.

Juga tidak meninggalkan jejak polusi karena tenaga yang digunakan adalah listrik yang bersumber dari baterai, yang bisa diisi ulang.

Penampakan dari drone taksi dari Frogs | Foto: kabarbisnis.com

Sebagai langkah selanjutnya setelah prototipe drone taksi tersebut siap, Frogs akan bersiap menghadiri Hanover Messe pada 20-24 April 2020 mendatang di Jerman.

Hanover Messe sendiri adalah sebuah event pameran internasional tahunan terbesar pada bidang teknologi industri yang fokus dengan isu-isu seperti industrial automation and IT, energy and environmental technologies, energy efficiency, research and technology transfer, robotics, cobots atau co-robots, dan isu lainnya.

Acara ini sangat bergengsi karena memiliki eksposur internasional yang sangat besar dengan kehadiran lebih dari 6.500 peserta mewakili 73 negara, 225.000 pengunjung internasional dari 91 negara, dan menghasilkan kurang lebih sekitar 5,6 juta kontak bisnis.

Sumber: Tempo | kabarbisnis | gowest.id | umgidealab.id | kemenperin.go.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

ICW Tempati Dua Ketgori "Global Go To Think Tank Index” 2019 Sebelummnya

ICW Tempati Dua Ketgori "Global Go To Think Tank Index” 2019

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya Selanjutnya

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya

Ahmad Taufiq
@taufiq_am

Ahmad Taufiq

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.