Beberapa Jenis Rafflesia di Indonesia

Beberapa Jenis Rafflesia di Indonesia
info gambar utama

Apakah Kawan GNFI sudah mengetahui bahwa Bengkulu disebut sebagai Bumi Rafflesia?

Tentunya, mungkin sudah jelas jika Bengkulu adalah habitat di mana banyak bunga Rafflesia tumbuh di mana salah satu jenisnya yakni Rafflesia Arnoldii menjadi bunga terbesar di dunia. Meskipun Bengkulu disebut sebagai Bumi Rafflesia, ternyata bunga Rafflesia pernah tumbuh di beberapa daerah di luar Bengkulu dengan jenis Rafflesia yang beragam. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis bunga Rafflesia, yakni :

  1. Rafflesia Arnoldii

Bukan rahasia jika Rafflesia Arnoldii sudah dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Bunga Rafflesia Arnoldii merupakan satu dari tiga bunga nasional Indonesia. Beberapa masyarakat di Indonesia masih kerap salah mengartikan bahwa bunga Rafflesia adalah bunga bangkai. Hal tersebut adalah salah, karena bunga bangkai adalah sebutan untuk Amorphophallus Titanum, sementara, bunga Rafflesia disebut sebagai padma raksasa.

  1. Rafflesia Bengkuluensis

Rafflesia Bengkuluensis adalah salah satu jenis bunga Rafflesia yang tumbuh teridentifikasi di hutan Bengkulu dan merupakan satu dari lima Rafflesia yang ditemukan di Bengkulu.

  1. Rafflesia Gadutensis

Rafflesia Gadutensis tanaman asli pulau Sumatera. Tanaman jenis ini diberi nama setelah tempat di mana pertama kali ditemukan, di Ulu Gadut, Sumatera Barat. Bunga Rafflesia Gadutensis pernah mekar di kawasan hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara.

Rafflesia Keithii | Foto : commons.wikimedia
info gambar

  1. Rafflesia Kerrii

Rafflesia Kerri ditemukan oleh tim dan ahli botani Dr. Joseph Arnold di Sungai Manna, Bengkulu Selatan.

  1. Rafflesia Keithii

Rafflesia Keithii merupakan jenis Rafflesia endemik yang ditemukan di Kalimantan. Spesies Keithii setelah penelitinya Henry (Harry) George Keith menemukannya. Keith adalah mantan Konservator Hutan di Kalimantan bagian Utara.

  1. Rafflesia Hasseltii

Rafflesia jenis Rafflesia Hasseltii merupakan tanaman yang pernah ditemukan di Taman Nasional Kerinci Seblat di mana dalam bunga tersebut terdapat bercak putih dan cukup membedakan dengan jenis Rafflesia yang lain.

  1. Rafflesia Kemumu

Rafflesia Kemumu pertama kali teridentifikasi sebagai jenis baru Rafflesia pada tahun 2017. Bunga Rafflesia Kemumu pernah mekar di kawasan hutan sekitar Desa Tebing Kaning, Kabupaten Bengkulu Utara yang berbatasan dengan kawasan Hutan Lindung Boven Lais. Hutan lindung Boven Lais merupakan habitat tiga jenis Rafflesia. Selain Raffesia Gadutensis, di kawasan ini juga ditemukan Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Kemumu, jenis Rafflesia yang baru diidentifikasi di hutan Bengkulu.

Rafflesia Bengkuluensis | Foto : Travelingyuk.com
info gambar

Jenis-jenis Rafflesia di atas merupakan Rafflesia yang ditemukan di Indonesia. Selain itu, ada beberapa jenis Rafflesia lain yang juga ditemukan di Indonesia. Dari sekian banyak jenis Rafflesia yang Kawan GNFI ketahui, kira-kira jenis mana yang pernah Kawan GNFI temui?


Catatan kaki: tempo | wwf

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini