Beberapa Jenis Rafflesia di Indonesia

Beberapa Jenis Rafflesia di Indonesia

Rafflesia © Twitter

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Apakah Kawan GNFI sudah mengetahui bahwa Bengkulu disebut sebagai Bumi Rafflesia?

Tentunya, mungkin sudah jelas jika Bengkulu adalah habitat di mana banyak bunga Rafflesia tumbuh di mana salah satu jenisnya yakni Rafflesia Arnoldii menjadi bunga terbesar di dunia. Meskipun Bengkulu disebut sebagai Bumi Rafflesia, ternyata bunga Rafflesia pernah tumbuh di beberapa daerah di luar Bengkulu dengan jenis Rafflesia yang beragam. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis bunga Rafflesia, yakni :

  1. Rafflesia Arnoldii

Bukan rahasia jika Rafflesia Arnoldii sudah dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Bunga Rafflesia Arnoldii merupakan satu dari tiga bunga nasional Indonesia. Beberapa masyarakat di Indonesia masih kerap salah mengartikan bahwa bunga Rafflesia adalah bunga bangkai. Hal tersebut adalah salah, karena bunga bangkai adalah sebutan untuk Amorphophallus Titanum, sementara, bunga Rafflesia disebut sebagai padma raksasa.

  1. Rafflesia Bengkuluensis

Rafflesia Bengkuluensis adalah salah satu jenis bunga Rafflesia yang tumbuh teridentifikasi di hutan Bengkulu dan merupakan satu dari lima Rafflesia yang ditemukan di Bengkulu.

  1. Rafflesia Gadutensis

Rafflesia Gadutensis tanaman asli pulau Sumatera. Tanaman jenis ini diberi nama setelah tempat di mana pertama kali ditemukan, di Ulu Gadut, Sumatera Barat. Bunga Rafflesia Gadutensis pernah mekar di kawasan hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara.

Rafflesia Keithii | Foto : commons.wikimedia
  1. Rafflesia Kerrii

Rafflesia Kerri ditemukan oleh tim dan ahli botani Dr. Joseph Arnold di Sungai Manna, Bengkulu Selatan.

  1. Rafflesia Keithii

Rafflesia Keithii merupakan jenis Rafflesia endemik yang ditemukan di Kalimantan. Spesies Keithii setelah penelitinya Henry (Harry) George Keith menemukannya. Keith adalah mantan Konservator Hutan di Kalimantan bagian Utara.

  1. Rafflesia Hasseltii

Rafflesia jenis Rafflesia Hasseltii merupakan tanaman yang pernah ditemukan di Taman Nasional Kerinci Seblat di mana dalam bunga tersebut terdapat bercak putih dan cukup membedakan dengan jenis Rafflesia yang lain.

  1. Rafflesia Kemumu

Rafflesia Kemumu pertama kali teridentifikasi sebagai jenis baru Rafflesia pada tahun 2017. Bunga Rafflesia Kemumu pernah mekar di kawasan hutan sekitar Desa Tebing Kaning, Kabupaten Bengkulu Utara yang berbatasan dengan kawasan Hutan Lindung Boven Lais. Hutan lindung Boven Lais merupakan habitat tiga jenis Rafflesia. Selain Raffesia Gadutensis, di kawasan ini juga ditemukan Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Kemumu, jenis Rafflesia yang baru diidentifikasi di hutan Bengkulu.

Rafflesia Bengkuluensis | Foto : Travelingyuk.com

Jenis-jenis Rafflesia di atas merupakan Rafflesia yang ditemukan di Indonesia. Selain itu, ada beberapa jenis Rafflesia lain yang juga ditemukan di Indonesia. Dari sekian banyak jenis Rafflesia yang Kawan GNFI ketahui, kira-kira jenis mana yang pernah Kawan GNFI temui?


Catatan kaki: tempo | wwf

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Virus Corona: Indonesia Menjawab Keraguan Dunia Sebelummnya

Virus Corona: Indonesia Menjawab Keraguan Dunia

Ikon Baru Perguruan Tinggi N.U yang Berumur Tujuh Tahun Selanjutnya

Ikon Baru Perguruan Tinggi N.U yang Berumur Tujuh Tahun

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.