Indonesia, Pasar Sepeda Motor Terbesar di Asia Tenggara

Indonesia, Pasar Sepeda Motor Terbesar di Asia Tenggara
info gambar utama

Indonesia menahbiskan dirinya sebagai raja sepeda motor di Asia Tenggara. 'Predikat' itu diraih berkat tingginya angka penjualan kendaraan roda dua tersebut di Tanah Air, yang tak sedikitpun didekati negara tetangga.

Dilansir dari oto.detik.com, penjualan sepeda motor di Indonesia tahun 2019 mencapai 6.487.460 unit. Angka itu meningkat sedikit, sekitar 1,6 persen dari tahun 2018.

Untuk kawasan Asia Tenggara, di bawah Indonesia ada Vietnam dengan 3.271.000 unit yang terjual. Di bawahnya ada Thailand (1.718.587 unit), Filipina (1.704.900 unit), Malaysia (546.813 unit), dan Singapura (19.356 unit).

Data itu dihimpun oleh ASEAN Automotive Federation, dan dihitung sepanjang tahun 2019. Untuk Myanmar, Laos, dan Kamboja, tidak ada angka pasti dari penjualan di ketiga negara tersebut, tapi diyakini angkanya jauh di bawah tiga besar "klasemen".

Dengan tingginya angka penjualan sepeda motor dalam setahun, jadi kira-kira ada berapa unit sepeda motor ya yang mengaspal di jalanan Indonesia?

Di tahun 2017 saja, angkanya sudah menembus 100 juta unit! Tepatnya. 113.030.793. Maka bisa dipastikan sampai detik ini, jumlah sepeda motor di Indonesia bertambah banyak dan sudah melebihi 120 juta unit.

Tingginya angka kepemilikan sepeda motor di Indonesia juga turut dipengaruhi tingkat okupansi kendaraan tersebut. Data Asosiasi Produsen Kendaraan Jepang (JAMA) menyebut, rata-rata satu unit sepeda motor di Indonesia dipakai oleh dua orang. Padahal, rata-rata di dunia, satu sepeda motor dipakai 5,5 orang.

Sebagai komparasi, di Thailand dan Malaysia rata-rata satu sepeda motor dipakai tiga orang. Di Yunani satu motor rata-rata dipakai enam orang, di Italia rata-rata dipakai tujuh orang, bahkan di Jerman dan Belanda rata-rata satu sepeda motor dipakai 13-14 orang!

Kemudian data dari motorcyclesdata.com menyebut, pasar di Asia Tenggara berkontribusi pada 22,4 persen penjualan sepeda motor di seluruh dunia. Sepanjang tahun 2019, 13,75 persen unit sepeda motor tersebar di kawasan Asia Tenggara, yang mana angka tersebut naik 5,3 persen dari tahun sebelumnya.

Referensi: detikOto | detikOto | detikOto

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini