Resmi: Bayar SPP Bisa Pakai GoPay!

Resmi: Bayar SPP Bisa Pakai GoPay!
info gambar utama

Wacana GoPay bisa dipakai untuk membayar SPP sekolah benar-benar terwujud. Hari ini (17/2) Gojek selaku penyedia platform Gopay mengumumkan telah memasukkan layanan pembayaran SPP di aplikasinya.

Pada aplikasi Gojek, menu pembayaran SPP bisa diakses dengan membuka GoBills, lalu pilih menu 'Schools' di bagian paling bawah dengan ikon topi sarjana. Setelah menu itu dibuka, akan tampil, daftar sekolah yang SPP-nya bisa dibayar pakai GoPay, mulai dari Pondok Pesantren, TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan Universitas.

Dilansir dari KOMPAS.com, Gojek dalam siaran persnya menyebut ada 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah, dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar sebagai mitra kerja GoBills.

Salah satu sekolah yang telah sukses menerapkan pembayaran SPP memakai GoPay adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Akhlaqiyah di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah. Tak hanya membayar SPP, sekolah tersebut juga membuka jalur pendaftaran secara online, selain offline.

MI Miftahul Akhlaqiyah sukses menerapkan pembayaran SPP via GoPay | Foto: akhlaqiyah.sch.id
info gambar

"Penerimaan peserta didik baru 2020/2021 MI Miftahul Akhlaqiyah. Daftar lewat HP, bayar pakai GoPay," demikian keterangan yang tertera di flyer, dikutip dari detikFinance.

Kepala Madrasah Miftahul Akhlaqiyah, Miftahul Arief, mengatakan bahwa opsi ini diadakan untuk memberi kemudahan dalam urusan pembayaran bagi calon orang tua murid yang hendak mendaftarkan anaknya di sekolah tersebut.

Selain itu, kebijakan ini juga berkaca dari kendala yang sering dihadapi orang tua murid saat membayar SPP. Beberapa dari mereka tidak membawa uang tunai cukup, sehingga harus bolak-balik untuk mengambil uang di ATM dulu.

"Kami menyesuaikan era, karena mindset orang tua sekarang adalah serba-cepat dan instan. Ojek saja bisa bayar online, kenapa pendidikan tidak?" ungkapnya, dikutip dari detikINET.

MI Miftahul Akhlaqiyah bahkan tidak mengandalkan GoPay saja dalam layanan ini. Sekolah tersebut juga menggandeng OVO, DANA, dan LinkAja sebagai opsi pembayaran SPP online.

“Selain memudahkan para orang tua, lembaga pendidikan yang tergabung juga ikut merasakan manfaat transaksi digital, di antaranya penerimaan iuran yang jelas dan pencatatan transaksi yang lebih rapi dan teratur,” tutur Senior Vice President Sales GoPay, Arno Tse, dalam keterangan resminya.

Referensi: kompas.com | detikFinance | katadata.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini