Pertama Kalinya, Freeport Dipimpin Putra Papua

Pertama Kalinya, Freeport Dipimpin Putra Papua
info gambar utama

Sejarah tercipta di PT. Freeport Indonesia (PTFI). Untuk pertama kalinya, ada putra asli Papua yang masuk ke jajarang petinggi PTFI. Dia adalah Claus Wamafma, yang menduduki posisi direktur.

"Ini baru pertama direktur Freeport dari orang Papua yang berkarier dari bawah," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (18/2/2020).

Claus bukan orang baru di Freeport. Ia sudah bekerja di sana sejak tahun 1999, kemudian di tahun 2011-2014 menjabat sebagai Supply Chain-Warehouse & Distribution Manager.

Kariernya semakin meningkat saat ditunjuk menjadi VP Community Development pada 2014-2018, yang berlanjut sebagai SVP Partnership Funds & Community Development tahun 2018 sampai 2020.

Claus Wamafma | Foto: Dok. Kementerian BUMN
info gambar

Saat ditanya tugasnya sebagai direktur Freeport saat ini, Claus Wamafma yang kelahiran Manokwari 23 Juni 1973 tersebut menuturkan, tugasnya tidak jauh berbeda dari jabatan sebelumnya yakni mengurusi operasional perusahaan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.

"Saat ini rules-nya masih sama, saya masih jalankan di bidang pemberdayaan masyarakat, community development-nya PTFI," terang Claus Wamafma dikutip dari KOMPAS.com, Rabu (19/2/2020).

Lulusan Teknik Industri ITB tahun 1998 itu melanjutkan, sebenarnya banyak warga asli Papua yang berpeluang mengisi jabatan strategis di Freeport. Ini dibuktikan dengan adanya pekerja dari level manajer sampai eksekutif dari Papua.

"Banyaklah saat ini yang sampai jajaran menengah atas. Dan level ekskekutifnya tadi pak presiden direktur sampaikan ada 10 teman-teman di sana dan manajernya lebih dari 40 hari ini, 45 lah," imbuh Claus, masih dikutip dari sumber yang sama.

"Saya juga prosesnya cukup lama dan utuh dari fresh graduate, terpapar dengan operasi, keunikan di sana geografinya, percampuran orang bagian di Indonesia ada di sana dan kami bisa," pungkasnya.

Selamat atas prestasinya, Claus Wamafma!


Referensi: kompas.com | detik.com | cnnindonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini