Begini Cara Indonesia Antisipasi Virus Corona

Begini Cara Indonesia Antisipasi Virus Corona
info gambar utama

Virus yang sudah memakan banyak korban jiwa ini menjadi isu yang membuat negara-negara di dunia menjadi khawatir dan melakukan beberapa tindakan preventif demi menjaga keberlangsungan kehidupan mereka di wilayah masing-masing.

Selain itu, negara-negara tersebut juga ikut membantu dalam menemukan vaksindan kebutuhan untuk menyokong keperluan yang dibutuhkan oleh kota asal virus ini ditemukan, yaitu Wuhan, China.

Saat ini juga negara-negara tetangga sudah melaporkan beberapa kasus corona ini. Hingga saat ini Indonesia belum melaporkan hal yang sama. Apa sajakah yang pemerintah Indonesia lakukan demi menjaga resiko dari virus ini?

Menyetop Penerbangan Menuju dan Dari China

Pemerintah sepakat dan sudah disampaikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah membatasi hingga melarang penerbangan menuju china dan sebaliknya. Ini bertujuan agar terhentinya atau mengecilnya resiko penyebaran virus corona ini.

Tak hanya itu, kebijakan yang dilakukan juga ditambah seperti pelarangan kegiatan transit di Indonesia dari penerbangan negara China itu. Intinya segala penerbangan 14 Hari dari sana diberhentikan dengan rentan waktu yang belum bisa ditentukan.

Memberlakukan Deteksi Panas Tubuh di Setiap Bandara yang Ada di Tanah Air

Selanjutnya tindakan pemerintah adalah melakukan scanning suhu tubuh para pengguna jasa penerbangan ini. Dimana nantinya bagi yang memungkinkan adanya passanger yang terkena gejala virus, maka dengan otomatis akan terdeteksi oleh alat ini.Ini dilakukan bertujuan untuk mendeteksi awal jika memang ada gejala yang merujuk pada virus tersebut.

Evakuasi WNI di Wuhan

Dengan selamat dan dinyatakan sehat para WNI yang telah berhasil dievakuasi pun diizinkan kembali ke dalam pelukan keluarga tercinta. Penjemputan dilakukan secara prosedural dan penjagaan ketat. Setelah dijemput para WNI ini wajib melakukan tes kesehatan selama 14 hari di Natuna, kegiatan ini diawasi secara ketat oleh TNI dan tim dokter secara 24 jam.

Hal ini juga bertujuan menyelamatkan WNI di sana, serta mengurangi dampak terpaparnya virus corona ini.

Proses Penjemputan WNI dari Wuhan | Foto: mediaindonesia.com
info gambar

Melakukan Pengawasan Pengiriman Hewan di Bandara

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengecilkan potensi menyebarnya virus akut corona ini. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menegaskan dan melakukan pemantauan aktivitas pengiriman dan penerimaan hewan di Bandara Indonesia. Ia melakukan setiap detail agar Indonesia tidak kecolongan, dan baginya hal ini juga beresiko.

Hal-hal tersebutlah yang diberlakukan oleh pemerintah, jika bisa kita lihat di setiap unit kesehatan juga sudah banyak poster-poster untuk menjelaskan seperti apa corona itu. Pemerintah China sempat menyesalkan beberapa tindakan tersebut namun Indonesia juga harus bertindak agar negara ini tetap aman dan stabil.

Tapi dibalik itu Indonesia juga mendukung China dalam menemukan vaksin untuk virus itu, dan berusaha agar virus ini dapat tertuntaskan. Juga membantu agar tidak beredarnya berita hoaks seputar virus ini, Indonesia juga mendukung WHO dalam tanggapan bahwa virus ini sudah masuk ke status global darurat.

Semoga dapat terselesaikan ya dan vaksinnya segera di sahkan sebagai obat dari virus ini. Tetap waspada dan jaga kebersihan serta kesehatan ya Kawan GNFI!

Referensi: liputan6.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini