Lewat Manga "Reformer", Komikus Indonesia Debut di Jepang

Lewat Manga "Reformer", Komikus Indonesia Debut di Jepang
info gambar utama

Kreatifitas dari warga Indonesia memang tidak ada batasnya. Salah satu anak bangsa bernama Alex Irzaqi resmi menelurkan karyanya di Jepang. Alex adalah salah satu mangaka atau pembuat manga (komik Jepang) dari Indonesia tepatnya dari Kabupaten Gresik. Alex resmi debut di Jepang melalui manga atau komik yang berjudul “Reformer” pada 13 Desember 2019 lalu. Nah, manga ini menjadi salah satu batu loncatan untuk Alex dalam mengenalkan karyanya di kancah internasional. Keren, bukan?

Bagi Kawan GNFI yang belum pernah mendengar nama Alex Irzaqi, yuk kenalan dulu. Alex Irzaqi adalah pemuda asal Gresik yang kini menetap di Bandung. Sebelum menelurkan karyanya di Jepang, Alex sudah beberapa kali memenangkan kontes manga, salah satunya adalah Silent Manga Audition (sma) dan menyabet juara pertama. Perlu Kawan GNFI tahu, bahwa Silent Manga Audition adalah kontes manga internasional yang bertujuan untuk menemukan dan mendukung para mangaka dari berbagai daerah di tingkat internasional. Alex memenangkan SMA dengan manganya yang berjudul “Excuse Me” yang membawanya menjadi anggota MasterClass yakni sekumpulan komikus atau mangaka yang pernah menjadi pemenang SMA.

Alex Irzaqi | Foto : twitter
info gambar

Kini, debut manga Alex di Jepang berada di bawah naungan Web Comic Zenyon. Manga “Reformer” yang dibuat oleh Alex merupakan adaptasi dari naskah yang dibuat oleh Toshiaki Yamada. Toshiaki Yamada adalah pembuat manga yang berjudul The Tactician of The Wind – Kuroda Kanbei – Gifuu Doudou!! Kaze no Gunshi. Manga “Reformer” sendiri menceritakan tentang kekerasan yang terjadi pada anak-anak dalam sisi gelap masyarakat Jepang. Manga “Reformer” mengisahkan Mizuno si tokoh utama yang merupakan tukang pukul yang sudah berhenti dari kehidupan lamanya setelah kehilangan putranya dan kini menjadi pekerja di sebuah bengkel. Duka akibat kehilangan anaknya, sosok Mizuno berubah menjadi pelindung anak-anak dan menegakkan keadilan, namun menggunakan cara yang terbilang ekstrem. Ya, mungkin itulah sedikit spoiler tentang manga karya Alex Irzaqi.

Nah, selain manga “Reformer” Alex juga telah membuat karya manga lainnya antara lain manga yang berjudul Just My Another Lucky Day In Kumamoto dan Hujan Rindu. Wah, bangga yah. Semoga semakin banyak anak bangsa yang dapat menelurkan karyanya hingga ke kancah internasional. Selamat berkarya untuk Alex Irzaqi dan Kawan GNFI.


Catatan kaki: jurnal otaku | duniaku idn

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini