Novelis Ternama dari Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini

Novelis Ternama dari Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini © Kronologi.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Ada yang unik dalam laman muka mesin pencarian Google hari ini. Tepat pada leap day yang hanya terjadi sekali dalam empat tahunan yakni 29 Februari, hari ini Google merayakan hari ulang tahun Nh Dini, salah satu novelis dan sastrawan dari Indonesia. Sosok Nh Dini yang digambarkan pada laman Google sebagai sosok yang sedang menulis seperti profesinya sebagai novelis kenamaan, lengkap dengan kain batik yang diselempangkan di pundaknya serta baju batik yang dikenakan. Huruf “O” dalam kata Google digambarkan seolah menampilkan sebuah jendela yang menghadap ke lautan.

Nh Dini merupakan perempuan kelahiran Semarang pada 29 Februari tahun 1936 atau 84 tahun yang lalu. Nh Dini memiliki nama asli Nurhayati Sri Hardinia Siti Nukatin dari pasangan RM. Salijowidjojo dan berasarkan silsilah keluarganya, Nh Dini masih memiliki darah Bugis. Dalam berbagai referensi, Nh Dini dikatakan sebagai sosok feminis dan menunangkan aspirasinya baik melalui tulisan maupun tindak nyata. Dikutip dari laman Google doodle dalam iNews.com, kiprahnya yang menolak peran tradisional perempuan yang didirikan patriarki jawa, membuat banyak pekerjaan Nh Dini berfokus pada isu gender dan keyakinan. Nh Dini mengupayakan perlakuan yang adil dan terhormat pada perempuan di manapun dia tinggal.

Sosok Nh Dini | Foto : The Display

Nh Dini menyuarakan hak-hak perempuan dan kesetaraan gender dalam bentuk novel, cerita pendek serta puisi dan mengabdikan dirinya untuk menulis selama kurun waktu 60 tahun terakhir. Terlebih, Nh Dini pernah bekerja sebagai pramugari di salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang membawanya semakain mengejar hak-hak tentang perempuan dari pengalamannya pada perjalanan ke berbagai negara. Beberapa karya Nh Dini tentang membangkitkan peran perempuan seperti “Pada Sebuah Kapal” dan “Namaku Hiroko”. Di dalam novel Pada Sebuah Kapal yang terbit pada tahun 1973, Nh Dini menulis tentang seorang perempuan bernama Sri yang memiliki pernikahan yang kurang bahagia dan jatuh cinta dengan seorang kapten kapal saat Sri berlayar.

Perlu Kawan GNFI tahu, bahwa Nh Dini merupakan ibu dari sutradara film Despicable Me 2 (2013) dan Minions (2014), Pierre-Louis Padang Coffin dari pernikahannya dengan pria berdarah Perancis pada 1960, Yves Coffin. Nh Dini wafat pada 4 Desember 2018 akibat kecelakaan lalu lintas.

Selamat ulang tahun ke 84 Nh Dini, karya-karyamu selalu mengisnpirasi banyak orang dalam menyerukan kesetaraan gender dan semangat literasi.


Catatan kaki: iNews | wikipedia

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Festival Literasi Nasional 2020 Sebelummnya

Festival Literasi Nasional 2020

Pentingnya Narasi Bijak Para Pejabat Publik Selanjutnya

Pentingnya Narasi Bijak Para Pejabat Publik

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.