Novelis Ternama dari Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini

Novelis Ternama dari Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini
info gambar utama

Ada yang unik dalam laman muka mesin pencarian Google hari ini. Tepat pada leap day yang hanya terjadi sekali dalam empat tahunan yakni 29 Februari, hari ini Google merayakan hari ulang tahun Nh Dini, salah satu novelis dan sastrawan dari Indonesia. Sosok Nh Dini yang digambarkan pada laman Google sebagai sosok yang sedang menulis seperti profesinya sebagai novelis kenamaan, lengkap dengan kain batik yang diselempangkan di pundaknya serta baju batik yang dikenakan. Huruf “O” dalam kata Google digambarkan seolah menampilkan sebuah jendela yang menghadap ke lautan.

Nh Dini merupakan perempuan kelahiran Semarang pada 29 Februari tahun 1936 atau 84 tahun yang lalu. Nh Dini memiliki nama asli Nurhayati Sri Hardinia Siti Nukatin dari pasangan RM. Salijowidjojo dan berasarkan silsilah keluarganya, Nh Dini masih memiliki darah Bugis. Dalam berbagai referensi, Nh Dini dikatakan sebagai sosok feminis dan menunangkan aspirasinya baik melalui tulisan maupun tindak nyata. Dikutip dari laman Google doodle dalam iNews.com, kiprahnya yang menolak peran tradisional perempuan yang didirikan patriarki jawa, membuat banyak pekerjaan Nh Dini berfokus pada isu gender dan keyakinan. Nh Dini mengupayakan perlakuan yang adil dan terhormat pada perempuan di manapun dia tinggal.

Sosok Nh Dini | Foto : The Display
info gambar

Nh Dini menyuarakan hak-hak perempuan dan kesetaraan gender dalam bentuk novel, cerita pendek serta puisi dan mengabdikan dirinya untuk menulis selama kurun waktu 60 tahun terakhir. Terlebih, Nh Dini pernah bekerja sebagai pramugari di salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang membawanya semakain mengejar hak-hak tentang perempuan dari pengalamannya pada perjalanan ke berbagai negara. Beberapa karya Nh Dini tentang membangkitkan peran perempuan seperti “Pada Sebuah Kapal” dan “Namaku Hiroko”. Di dalam novel Pada Sebuah Kapal yang terbit pada tahun 1973, Nh Dini menulis tentang seorang perempuan bernama Sri yang memiliki pernikahan yang kurang bahagia dan jatuh cinta dengan seorang kapten kapal saat Sri berlayar.

Perlu Kawan GNFI tahu, bahwa Nh Dini merupakan ibu dari sutradara film Despicable Me 2 (2013) dan Minions (2014), Pierre-Louis Padang Coffin dari pernikahannya dengan pria berdarah Perancis pada 1960, Yves Coffin. Nh Dini wafat pada 4 Desember 2018 akibat kecelakaan lalu lintas.

Selamat ulang tahun ke 84 Nh Dini, karya-karyamu selalu mengisnpirasi banyak orang dalam menyerukan kesetaraan gender dan semangat literasi.


Catatan kaki: iNews | wikipedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini