Sneakers Lokal Jadi Pesaing Brand Global

Sneakers Lokal Jadi Pesaing Brand Global
info gambar utama

Beberapa sneakers produk lokal sudah banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Meningkatnya nama-nama sneakerss produk dalam negeri merupakan salah satu peningkatan keratifitas dalam menghadapi tren yang masuk dan berkembang di Indonesia. Sebelumnya, telah ada tulisan tentang beberapa sneakers dari brand lokal yang digemari banyak orang. Kali ini, ada beberapa sneakersbrand lokal yang tidak hanya digemari masnyarakat dalam negeri namaun juga hingga ke pasar global. Beberapa sneakers tersebut yakni :

  1. Wakai
Wakai, aplikan gaya simpe Jepang | Foto : iprice
info gambar

Salah satu brandsneakers lokal adalah Wakai yang terinspirasi dari gaya hidup Jepang hingga banyak yang mengira brand Wakai adalah brand asal Jepang. Wakai pertama kali hadir pada tahun 2012 dengan mengangkat nuansa Jepang menjadikan Wakai sebagai salah satu brandsneakers yang dikenal masyarakat. Wakai memiliki lini distribusi offline yang tersebar di 16 kota di Indonesia dengan lebih dari 50 gerai dan tentunya tak luput dari gelombang e-commerce. Kini, pemasaran Wakai tidak hanya di lingkup domestik, namun juga merambah pasar ekspor ke negara—negara di Asia seperti Malaysia, Singapura hingga penawaran ekspor ke Vietnam dan Hong Kong.

  1. NAH Project
NAH Project pernah dipakai presiden Joko Widodo | Foto : Seword
info gambar

Dirintis sejak Oktober 2017, NAH Project muncul dengan sneakers yang menggaet millennial dalam aktivitasnya seperti, hang out, ke kampus hingga ke kantor. NAH Project dalam produksi sepatu mengggunakan bahan sejenis kulit, kulit imitasi dan kanvas dengan beragam rajutan yang produksinya bekerja sama dengan UKM di Bandung dan Surabaya. Nama NAH Project diusung agar mudah diingat para pembeli. Sehingga, ketika membeli sepatu, orang-orang akan langsung ingat NAH adalah sepatu yang ingin dibeli. Meskipun masih berjalan dua tahun, NAH Project sudah menunjukkan keseriusannya dalam bersaing dengan brandsneakers lainnya, yang mana ditujukan dengan telah sampainya brand NAH Project ke tangan presiden Joko Widodo.

  1. Piero
Piero | BLANJA.com
info gambar

Nama salah satu brandsneakers yang sudah merambah pasar ekspor adalah Piero yang ternyata namanya terisnspirasi dari kata dalam bahasa Jawa. Piero terinspirasi dari kata “urip” yang berarti hidup, kata “urip” tersebut dibalik sehingga munculah anagram Piero dari kata “piru”. Dalam produksinya, Piero memprioritaskan oroginalitas dalam setiap desain maupun bahan material produk yang digunakan. Selain itu, Piero juga selalu mencoba berkreasi dalam menciptakan teknologi dan nilai yang berbeda di dalam setiap desainnya.

  1. League
League | Foto : Twitter
info gambar

Brand sepatu League bukanlah brand yang sukar ditemui di berbagai tempat perbelanjaan. Perusahaan yang memproduksi sepatu merk League merupakan perusahaan yang mulanya memproduksi sepatu Nike dan Puma sekaligus yang memasarkan kedua brand tersebut di Indonesia. Namun, semenjak 2004, League memiliki nama sendiri dan bersaing sebagai brandsneakers lokal. League pun kini menjadi salah satu brand lokal yang diminati banyak orang tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri hingga ke pasar Amerika dan Eropa.

Nah, beberapa brand di atas adalah brand sepatu maupun sneakers yang diproduksi dan karya anak bangsa yang telah berkiprah dan bersaing di pasar global. Apakah Kawan GNFI memiliki salah satu dari brand di atas?


Catatan kaki: bisnis | ditzbrand | detik

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini