Selain Jadi Tanaman Hias, Lidah Mertua Juga Baik Untuk Lingkungan

Selain Jadi Tanaman Hias, Lidah Mertua Juga Baik Untuk Lingkungan

Lidah Mertua dapat dimanfaatkan sebagai pagar di halaman rumah © Makassar Terkini - Terkini ID

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Ada beragam jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai tanaman hias di dalam rumah hingga di halaman rumah, salah satunya adalah lidah mertua. Lidah mertua, selain dapat memepercantik halaman rumah, namun juga lidah mertua berkontribusi dalam memperbaiki kondisi lingkungan. Sansevieria adalah nama latin lidah mertua yang memiliki kelebihan yakni menyerap bahan beracun contohnya karbon dioksida, benzene, formaldehye dan trichloroethylene. Nah, secara singkat, di bawah ini adalah beberapa manfaat tanaman lidah buaya yang terbukti baik untuk lingkungan :

  1. Mengurangi Polusi Udara

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa tanaman lidah mertua memiliki kelebihan yang salah satunya menyerap karbon dioksida. Kemampuan lidah mertua dalam menyerap zat beracun seperti karbon dioksida dan karbon monoksida membuat udara lebih bersih daripada lingkungan yang tidak ditanami lidah mertua. Salah satu studi dari Thailand tepatnya dari Naresuan University menemukan berkurangnya kadar karbon dioksida di ruangan yang terdapat lima tanaman lidah mertua. Selain itu, peneltian dari NASA juga menyebutkan bahwa lidah mertua dapat menyerap beberapa zat berbahaya seperti xylene yang jika dihirup dan masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan kanker.

Jenis lain dari Lidah Mertua | Foto : Toko Tanaman

  1. Memproduksi Oksigen

Selain mengurangi polusi udara, ternyata lidah mertua juga menjadi salah satu produsen oksigen dan membuat oksigen di sekitarnya memiliki kualitas yang lebih baik. Penelitian dari Harvard University dalam CNN Indonesia, dinyatakan bahwa lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen, di mana lidah mertua mengubah banyak karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari sehingga membuat udara pagi menjadi lebih segar.

  1. Menyerap Radiasi

Lidah mertua juga mampu menyerap radiasi yang dihasilkan dari barang-barang elektronik seperti komputer, televisi hingga sound system sehingga tidak jarang banyak ditemui tanaman lidah mertua yang diletakkan di dekat barang-barnag elektronik tersebut yang tidak hanya dapat menyerap radiasi juga dapat mempercantik ruangan.

  1. Obat Kulit dan Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk keseimbangan udara, lidah mertua juga bermanfaat bagi tubuh manusia yang salah satunya dimanfaatkan sebagai obat kulit dan rambut. Tanaman lidah mertua digunakan sebagai obat kulit salah satunya diterapkan di Afrika sebagai penawar atau obat dari gigitan binatang. Caranya adalah beberapa lembar daun lidah mertua dicuci hingga bersih dan ditumbuh sampai halus, hasil tumbukkan tersebut nantinya dioleskan di atas kulit yang terluka. Selain itu, lidah mertua juga dapat digunakan sebagai bahan yang dapat menambah kesehatan rambut seperti lidah buaya. Caranya adalah dengan mengolah akar lidah mertua menjadi sari dan mengusapkannya pada rambut. Tidak hanya dapat menyehatkan rambut, namun sari lidah mertua juga dapat membuat rambut lebih berkilau jika digunakan secara teratur dan dengan cara yang tepat.

Lidah Mertua sebagai dekorasi ruangan | Foto : Shelly Market

Nah, beberapa manfaat lidah mertua di atas adalah salah satu alasan untuk mempercantik ruangan dan halaman rumah dengan menanam lidah mertua. Manfaat-manfaat di atas nantinya akan kembali pada diri kita sendiri sehingga, secara tidak langsung dengan menanam dan merawat tanaman lidah mertua merupakan salah satu langkah memperbaiki kondisi lingkungan juga meningkatkan kesehatan bagi diri sendiri.

Ada banyak tanaman lain yang memiliki manfaat serupa yakni tidak hanya sebagai memperindah namun juga berperan dalam lingkungan, seperti bunga krisan dan lidah buaya. Yuk, hijaukan halaman rumah dan kurangi penggunaan kendaraan bermotor agar kualitas udara di sekitar tetap terjaga.


Catatan kaki: dekoruma | cnn | tagar

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Mouly Surya, Filmmaker yang Bersinar di Kancah Domestik dan Internasional Sebelummnya

Mouly Surya, Filmmaker yang Bersinar di Kancah Domestik dan Internasional

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia Selanjutnya

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.