Inilah Kota-kota Paling Berpengaruh di Dunia Secara Ekonomi di 2020

Inilah Kota-kota Paling Berpengaruh di Dunia Secara Ekonomi di 2020
info gambar utama

Beberapa waktu lalu, CEO World Magazine memeringkatkan 100 kota-kota paling berpengaruh dunia secara ekonomi 2020. London menjadi kota paling berpengaruh di dunia, dengan skor keseluruhan 85,49. New York berada di posisi kedua, dengan 83,49 poin, Tokyo, yang memiliki ekonomi metro terbesar di dunia, berada di posisi ketiga dengan 82,59 poin.

Paris berada di urutan keempat dengan 81,65 poin, Singapura mengikuti di belakangnya dengan 80,66 poin. Berlin, Shanghai, Brussels, New Delhi, dan Toronto melengkapi sepuluh besar. Kota-kota di 20 besar antara lain Washington DC (11); Sydney (ke-12); Sao Paulo (ke-18); empat kota di Eropa, Moskow (13), Zurich (17), Amsterdam (19), dan Istanbul (20); dan tiga kota Asia Dubai (ke-14), Riyadh (ke-15), dan Tel Aviv (ke-16).

Daftar lengkap ada di link ini.

Untuk memberikan analisis obyektif tentang daya saing kota-kota besar tersebut, majalah CEOWORLD telah menghasilkan “Cities Of Economic Influence Index,” yang kompetitif dalam berbagai hal mulai dari keuangan, mode, musik, dan film, sekarang bahkan startup dan teknologi . Peringkat terbaru dari kota-kota paling kuat secara ekonomi di dunia yang disatukan oleh para ahli majalah CEOWORLD menggunakan lima indeks inti:

  1. Kekuatan Ekonomi (keseluruhan kegiatan ekonomi)
  2. Financial Clout (kekuatan industri keuangan dan perbankan kota)
  3. People and Political (pengaruh politik dan demografis)
  4. Kualitas Hidup (produktivitas, infrastruktur, kualitas hidup, kesetaraan dan inklusi sosial dan kelestarian lingkungan)
  5. Daya Saing (aktivitas bisnis, modal manusia, pengalaman budaya, dan keterlibatan politik)

Yang menarik, laporan itu menemukan, "100 kota teratas menghasilkan sekitar setengah dari total output ekonomi dunia dan 25% teratas menyumbang lebih dari 30% dari produksi ekonomi global."

Di Asia Tenggara sendiri, posisi kota terbesar di Indonesia, Jakarta, cukup signifikan. Yakni berapa 1 peringkat di bawah 20 besar, mengikuti Singapura yang secara mengesankan ada di peringkat 5 dunia.

Sumber : seasia.co
info gambar

Sumber : CEOWORLD.biz

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini