Buku Kuliner Gorontalo Masuk Dalam Gourmand World Cook Book Awards Best of the Best 1995-2020

Buku Kuliner Gorontalo Masuk Dalam Gourmand World Cook Book Awards Best of the Best 1995-2020
info gambar utama

Berbagai resep kuliner Gorontalo dalam sebuah kumpulan tulisan dan rangkaian potret wisata kuliner serta budaya di Provinsi Gorontalo berjudul “Trailing the Taste of Gorontalo” yang diterbitkan Omar Niode Foundation tahun 2015 lalu, berhasil masuk sebagai salah satu dari 25 buku terbaik yang terpilih dari para pemenang Gourmand Awards selama 25 tahun terakhir.

Gourmand International baru saja mengumumkan “Gourmand World Cook Book Awards Best of the Best 1995-2020”. Ini adalah penghargaan bagi buku-buku terbaik yang terpilih dari para pemenang Gourmand Awards selama 25 tahun terakhir.

Dalam buku “Trailing the Taste of Gorontalo” terdapat 24 tulisan, 57 buah foto, 9 buah resep masakan dan 10 testimoni dari tokoh pariwisata dan kuliner tingkat nasional dan internasional yang menjadi menjadi rujukan bagi mereka yang tergerak untuk berpetualang rasa di Gorontalo.

Sejak tahun tahun 1995, setiap tahunnya Gourmand International menganugerahkan “The Gourmand World Cookbook Awards” untuk buku buku makanan dan minuman terbaik dari seluruh dunia dalam berbagai kategori.

Untuk buku-buku terbaik dalam 25 tahun terakhir, khusus makanan, kategori yang dinilai adalah penulis, penerbit, negara-region, gaya hidup, subyek, dan penggalangan dana-amal.

Masing-masing kategori terbagi dalam beragam sub-kategori yang totalnya berjumlah 105. Gourmand Award mempertimbangkan konten makanan dan minuman dalam berbagai jenis publikasi baik bentuk cetak atau digital, berbayar atau gratis, dicetak untuk umum atau kalangan pribadi, penerbit komersial atau diterbitkan sendiri, serta buku besar maupun kecil.

Khusus untuk budaya makanan, ada 785 buku atau publikasi dari 106 negara yang terpilih dalam “Gourmand World Cookbook Awards Best of The Best 1995-2020.”

Prancis adalah Negara dengan buku terbanyak yang terpilih, yaitu 11% dari seluruh publikasi terbaik dalam 25 tahun terahir. Sementara dari Indonesia, terdapat tujuh buah buku masuk dalam penghargaan ini.

Amanda Katili, Ketua Omar Niode Foundation, sangat menghargai keputusan Gourmand International.

“Terpilihnya buku-buku Indonesia, yang kaya bumbu dan rempah, dalam Gourmand World Cookbook Awards Best of the Best 1995-2020, merupakan peluang untuk mengangkat citra budaya kuliner Nusantara ke tingkat dunia,” kata Amanda Katili yang dikutip dari rilis yang dikirim Senin (9/3/2020).

Terlebih lagi tahun ini Indonesia akan menyelengggarakan Karavan Budaya yang dikemas dalam bentuk ekspedisi Jalur Rempah.

“Arung Samudera ke beberapa Negara yang direncanakan, merupakan salah satu usaha untuk mendaftarkan Jalur Rempah sebagai Warisan Budaya Dunia ke UNESCO, yaitu Organisasi Badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan,” urai Amanda yang juga Ambassador World Food Travel Association untuk Wallacea Region di Indonesia.

Buku-buku peraih Gourmand World Cookbook Awards memperoleh kesempatan untuk dipamerkan pada Paris Cookbook Fair, yang akan berlangsung pada 3 -7 Juni 2020 sebagai bagian dari acara “Village International de la Gastronomie” dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, sebagai Pelindung.

Pameran Buku Masak di Paris ini akan menampilkan buku-buku kuliner dari 170 negara, serta juga merupakan ajang pertemuan untuk berjejaringnya para penerbit, penulis, agen, fotografer, produser TV, desainer grafis, kantor pariwisata dan media khusus dari berbagai Negara di dunia.

Buku-buku dari Indonesia yang pernah mendapatkan Gourmand World Cookbook Awards dan kemudian terpilih dalam “Best of the Best 1995-2020,” yaitu :

-100 Makanan Tradisional Indonesia, Bondan Winarno, (2013), Special Awards,

- Wonderful Indonesia, Sumantri Endang (Turi Beach 2016), Hotels.

- Gramedia, General Trade Publishers.

- Rendang: Minang, Legacy to the World, Reno Andam (2014), Local – Region.

- Jakarta Bites, Petty Elliott (2016), Street Food.

- Trailing the Taste of Gorontalo (Omar Niode Foundation 2015), Food Heritage.

- Flavors of Indonesia, Chef William Wongso, (Bab Books 2016), memperoleh penghargaan di dua sub-kategori yaitu Asian – Published in Asia serta Best in All Categories.

Sumber : Omar Niode Foundation

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini