Keren! Deretan Film Lokal Ini Menang Penghargaan Internasional

Keren! Deretan Film Lokal Ini Menang Penghargaan Internasional
info gambar utama

Sebagai anak bangsa Indonesia, kita patut bangga nih dengan film-film lokal yang menang berbagai penghargaan Internasional ini. Tentunya, hal tersebut tidak lepas dari kerja keras para sineas perfilman Indonesia yang sudah berdedikasi untuk memajukan industri film Indonesia.

Apa saja, ya, filmnya? Inilah ulasan selengkapnya dari youngontop.com.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak I sumber foto: CNN Indonesia
info gambar

Film ini memulai debutnya di Festival Film Cannes 2017. Film garapan Mouly Surya ini sudah mendapatkan banyak penghargaan, seperti dinobatkan sebagai skenario terbaik dalam Festival International du Film de Femmes de Salé di Maroko, Asian Word Film Festival (AWFF) 2018 di California, film terbaik dalam Asian Nest Wave The Qcinema Film Festival Filipina, dan NETPAC Jury Award di Five Flavours Asian Film Festival di Polandia.

Tak sampai disitu, sang aktris, Marsha Timothy juga dinobatkan sebagai Aktris Terbaik di ajang Festival Sitges International Film 2017. Hebat, ya!

Pengabdi Setan

Pengabdi Setan l sumber foto: liputan6
info gambar

Film besutan Joko Anwar ini berhasil meraih penghargaan film horror terbaik di ajang Toronto After Dark Film Festival 2018 di Kanada. Selain itu, Pengabdi Setan juga meraih penghargaan di kategori yang sama pada ajang Popcorn Frights Festival 2018 di Florida, dan Overlook Film Festival.

Perlu Kawan GNFI ketahui juga, film ini adalah hasil remake dari film dengan judul yang sama pada tahun 1980 dengan jumlah penayangan di 42 Negara.

Kucumbu Tubuh Indahku

Kucumbu Tubuh Indahku l sumber foto: liputan6
info gambar

Meskipun sempat ditolak penayangannya di berbagai daerah di Indonesia, nyatanya film karya Garin Nugroho ini mendapatkan banyak penghargaan dari berbagai ajang internasional. Di antaranya ialah sebagai film terbaik dalam Festival Des 3 Continents Nantes 2018, Bisato D’oro Award Venice Independent Film Critic 2018 di Italia, Best Film di Festival Des 3 Continents 2018 di Perancis, dan Cultural Diversity Award under The Patronage of UNESCO dalam Asia Pacific Screen Awards 2018 di Australia.

Laskar Pelangi

Laskar Pelangi l sumber foto: tribun
info gambar

Film yang diangkat dari Novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata ini juga sukses di mancanegara. Laskar Pelangi berhasil meraih penghargaan Best Film dan Best Editor di Asian Film Awards di Hong Kong, HIGNIS Award dalam Hong Kong International Film Festival, serta Golden Butterfly Award di Iran.

Knight Kris

Knight Kris l sumber foto: bookmyshow
info gambar

Film animasi karya Kurniawan Biantoro dan Johanes Paulus ini sukses meraih penghargaan nasional dan internasional. Untuk penghargaan internasional, Knight Kris menang berturut-turut pada kompetisi Cartoon On Bay di Italia, London Independent Film Awards di Inggris, dan juara di kompetisi Calcutta Film Festival di India.

Tak sampai di situ, nominasi yang diraih Knight Kris di ajang penghargaan internasional juga masih banyak, antara lain Guro Kids Festival 2018 di Korea Selatan, Palm Spring International Film Festival 2018, dan lainnya.

Senyap – The Look of Silence

Senyap (The Look of Silence) l sumber foto: cinema poetica
info gambar

Film yang merupakan lanjutan dari film dokumenter Jagal ini dirilis pada tahun 2012 dengan judul Senyap dan berhasil masuk dalam beberapa penghargaan internasional.

Penghargaan yang berhasil diraih, yaitu Berlin International Film Festival, Busan International Film Festival, Spirit Award, dan 70 lebih penghargaan lainnya. Bahkan, film karya Joshua Oppenheimer ini juga berhasil masuk ke dalam nominasi Oscar untuk Film Dokumenter Terbaik di tahun 2016.

The Raid

The Raid l sumber foto: liputan6
info gambar

Sukses di negeri sendiri hingga ke luar negeri, film The Raid yang dibintangi oleh Iko Uwais berhasil diputar di Amerika Serikat, Jerman, Korea, Cina, Kanada, Inggris dan banyak negara lainnya.

Setelah sukses dengan The Raid yang pertama, film ini berhasil meraih penghargaan dari Festival Film Internasional Dublin Jameson untuk kategori Audience Award, dan Dublin Film Critics Circle Best Film di tahun 2012.

Sekala Niskala

Sekala Niskala l sumber foto: bookmyshow
info gambar

Film besutan Kamila Andini berhasil tayang perdana di Toronto International Film Festival. Tak hanya itu, film ini juga menerima berbagai penghargaan, seperti Generation Kplus International Jury dalam Festival Film International Berlinale 2018 di Berlin, Film Remaja Terbaik Asia Pacific Screen Awards 2017, dan Film Terbaik di Tokyo FILMex 2017.

Kado

Kado l sumber foto: tempo
info gambar

Film pendek besutan Aditya Ahmad ini pertama kali diputar di Amerika Serikat dalam Sundance International Film Festival 2018. Berkat karyanya tersebut, Film Kado berhasil sukses menyabet penghargaan internasional, yaitu film pendek terbaik dalam Venice International Film Festival 2018 untuk kategori Orizzonti Section.

Humba Dreams

Humba Dreams l sumber foto: woman talk
info gambar

Film Humba Dreams yang mengeksplor keindahan Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur berhasil meraih penghargaan CJ Entertainment Awards – Asian Project Market 2017 di Busan, Korea Selatan.

Film arahan Riri Riza ini memang keren! Tidak hanya dari segi ceritanya, bahkan dari segi sinematografinya juga juara!

Nah, itulah film lokal yang berhasil menembus pasar global dan juga meraih penghargaan internasional. Keren banget ya? Semoga semangat #MenembusBatas bisa menjadi motivasi dan inspirasi buat kita juga, ya!

Kawan GNFI, kalau kalian ingin membaca artikel seru dan inspiratif lainnya bisa lho kunjungi youngontop.com. Atau ikuti media sosial mereka di @youngontop.*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini