Kecanduan Gadget? Berikut 3 Tips Untuk Mengatasinya

Kecanduan Gadget? Berikut 3 Tips Untuk Mengatasinya
info gambar utama

Sampai saat ini, virus corona masih jadi hot topic dan heboh dibicarakan di media sosial dan pemberitaan. Tetapi sebenarnya ada hal yang juga mengerikan dihadapi saat ini, yaitu gadget addiction alias kecanduan gadget.

Seberapa fatalnya akibat kecanduan gadget ini? Bisa dibilang sangat fatal. Sudah banyak sekali pengidap gadget addiction yang mengalami gangguan mental bahkan sampai korban jiwa. Agar Kawan GNFI tidak mengalami kecanduan gadget, berikut merupakan beberapa solusi untuk mengatasinya.

  1. Smartphone Detox

Sama seperti diet kesehatan, diet mental pun perlu dilakukan salah satunya dengan cara Smartphone Detox. Caranya simple, stop pemakaian gadget 1 jam sebelum tidur. Lakukan secara konsisten maka akan menjauhkan Anda dari ‘virus’ gadget addiction.

  1. Jadilah Seorang Minimalism

Apa itu minimalism? minimalism sendiri merupakan sebuah gaya hidup yang populer di Jepang. Seorang minimalism akan mengurangi apapun yang kurang penting dalam hidupnya (pakaian, barang-barang koleksi pribadi, dll). Nah, Anda bisa mulai menjadi seorang minimalism dengan cara mengurangi aplikasi kurang penting di smartphone Anda. Dengan begitu, otomatis Anda akan mengurangi durasi pemakaian gadget dan hidup lebih bahagia karena minim distraksi.

  1. Percayalah, Tanpa Smartphone Hidup Anda Akan Baik-Baik Saja

Kenapa kita bisa candu terhadap gadget? Sederhana, karena pola pikir bahwa tanpa smartphone kita akan ketinggalan informasi. Padahal kenyataannya tidak seburuk itu, ketakutan semacam itu hanya ada di pikiran saja. Ya, kita tetap butuh smartphone sebatas untuk berkomunikasi dan sedikit entertain, tapi tidak untuk sampai menghabiskan seluruh waktu kita di sana. Percayalah, tanpa smartphone hidup Anda akan baik-baik saja.

Tetapi bagaimana ceritanya jika anak kita yang mengalami kecanduan gadget (atau game online)?

Nah, berbeda dengan 3 tips di atas, untuk anak remaja yang kecanduan gadget butuh treatment khusus.Hal tersebut dibahas pada blog milik salah satu tokoh motivator Indonesia, Merry Riana. tips bagaimana mengatasi kecanduan gadget pada anak di sini.

Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan oleh Kawan GNFI ya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini