15 Lembaga Think-Tank Terbaik di Asia Tenggara 2019

15 Lembaga Think-Tank Terbaik di Asia Tenggara 2019
info gambar utama

Kita telah lama mengenal lembaga kajian (dalam bahasa Inggris kerap disebut Think Tank). Think tank adalah suatu organisasi, lembaga, perusahaan, atau kelompok, yang melakukan riset, dalam bidang strategi sosial atau politik, teknologi, pertahanan, dan lainnya. Pada dasarnya, Think Tank ini berfungsi sebagai jembatan antara ilmu pengetahuan dan berbagai kebijakan nasional, maupun internasional, untuk membantu para pengambil kebijakan dalam menentukan arah kebijakannya.

Setiap tahun, Think Tanks and Civil Societies Program (TTSCSP) dari University of Pennsylvania memeringkatkan lembaga-lembaga dari seluruh dunia dalam laporannya "Global Go To Think Tank Index Report (GGTTI). Tahun lalu, di GGTTI 2019, sebanyak 8,248 yang masuk dalam katalog TTSCSP dilibatkan dalam memeringkatkan lembaga-lembaga Think Tank terbaik dunia sepanjang 2019. Selain itu, sebanyak 68,191 jurnalis, pengambil kebijakan, masyarakat umum, pendonor, dan para ahli-ahli kebiakan dari seluruh dunia juga dilibatkan dalam menominasikan lembaga-lembaga terbaik, yang didasarkan pada kinerja, dan dampak dari hasil-hasil kajian lembaga-lembaga bersangkutan dalam hal mempengaruhi arah berbagai kebijakan pemerintah, maupun pihak-pihak lain.

Di dalam laporan tersebut, Indonesia disebutkan memiliki 31 lembaga think tank yang tersebar di berbagai ranah kajian. Posisi Indonesia termasuk yang cukup diperhitungkan, terutama di Asia Tenggara. Bahkan Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS - Centre for Strategic and International Studies) Indonesia yang berbasis di Jakarta dinobatkan sebagai think-tank teratas di Asia Tenggara dan Pasifik, menurut Indeks Go To Think Tank 2018 Global. CSIS Indonesia juga menempati urutan ke-58 dalam daftar lembaga think tank di luar Amerika Serikat di seluruh dunia dari 144 lembaga di seluruh dunia.

Tahun ini, Brookings Institution yang berbasis di Washington DC dinobatkan menjadi lembaga kajian terbaik di dunia 2019, sementara Bruegel yang berbasis di Brussel, Belgia dinobatkan menjadi lembaga kajian terbaik di luar AS. Bagaimana dengan Asia Tenggara? SIIA dari Singapura menempati posisi pertama, diikuti Institute of Strategic and International Studies dari Malaysia, Institute of Defence and Strategic Studies (Singapura), dan CSIS (Indonesia). Berikut adalah daftar 15 lembaga think tank terbaik Asia Tenggara 2019.

Caption
info gambar

Sumber : https://repository.upenn.edu/ Go To Think Tank 2019 Global report

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini