5 POS Restoran Terbaik untuk Industri F&B

5 POS Restoran Terbaik untuk Industri F&B
info gambar utama

Buat pelaku bisnis restoran, software POS adalah bagian yang tak terpisahkan dari proses bisnis mereka. Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register)

Dengan bantuan POS restoran, mengelola rumah makan, kafe, atau warung kopi bisa menjadi lebih mudah karena berbagai otomasi pekerjaan administrasi yang diambil alih oleh POS restoran.

Mulai dari menyederhanakan transaksi, mengelola inventaris, sampai dengan mengatur jadwal kerja karyawan semuanya terbantukan dengan adanya software POS. Masalahnya, tak semua software POS yang ada di pasaran bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Fiturnya yang tak lengkap, harganya yang mahal, atau tim support yang tak cakap adalah sebagian kecil masalah yang sering ditemui saat kita sedang mencari software POS restoran terbaik. Berikut beberapa rekomendasi software restoran yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda.

https://www.googleadservices.com/pagead/aclk?sa=L&ai=DChcSEwjskYnX5eTnAhVPHSsKHTB8AZwYABAAGgJzZg&ohost=www.google.com&cid=CAESQOD2Uk-NXW4ezzDM8Y5R_ncBHNgOM05xvUMI1pUdF7xOYGPiA8AOODvgwuHJDhGtlaVGNjBngESxjlTYJ1vkPxI&sig=AOD64_2T8BKdL6bxBIxK2d7hN0OMqW8eXw&q=&ved=2ahUKEwi3woHX5eTnAhVByzgGHcqiD5YQ0Qx6BAgQEAE&adurl=
Sumber : Halaman Utama dari Pawoon.com

Pawoon

Di antara software POS lainnya, bisa dibilang Pawoon adalah yang paling popular. POS restoran Pawoon punya tiga model bisnis berlangganan yang ditawarkan, Free, Basic, dan Pro. Masing-masing memiliki harga dan kelengkapannya sendiri-sendiri.

Pawoon sudah mendukung transaksi multi-outlet, manajemen inventori, CRM dan promosi, serta berbagai layanan pembayaran yang populer di Indonesia. Dengan model berlangganan yang cukup terjangkau, Pawoon cocok untuk usaha kecil dan menengah (UKM) yang baru saja merintis bisnisnya dan sedang menjajaki pasar.

https://www.googleadservices.com/pagead/aclk?sa=L&ai=DChcSEwik98Ds5eTnAhVDJCsKHa9nADEYABAAGgJzZg&ohost=www.google.com&cid=CAESQOD2SMgBjGuC1pREt5jRoGh-TRApDcUG2umnHZMCXO0TOMt2_AuCbon_M2qFc6WKyVvzD1icqNun5ecSQOvdAfo&sig=AOD64_2F9FVVCdyf2OBxb0v6PIOG6gZiwQ&q=&ved=2ahUKEwivgLjs5eTnAhWjxDgGHUbABxMQ0Qx6BAgREAE&adurl=
Sumber : Halaman Utama dari Mokapos.com

Moka POS

Rekomendasi POS restoran kedua yakni Moka POS. Buat Anda yang sudah berkecimpung cukup lama di industri food and beverage, pastinya sudah pernah mendengar Moka POS. Berbeda dengan Pawoon yang menawarkan tiga model bisnis, Moka POS hanya menawarkan satu harga untuk produk POS restorannya.

Moka POS menawarkan fitur tambahan yang bisa dibeli dengan harga terpisah. Beberapa fitur yang ditawarkan yakni Ingredient Inventory, Table Management, CRM Pro, dan Employee Slot. Pelanggan bebas memilih fitur mana saja yang dibutuhkan. Harganya yang terbilang murah mungkin adalah salah satu aspek yang membuat Moka cukup menggoda.

https://kafee.co/
info gambar

Kafee

Kafee adalah pemain baru di industri food and beverage. Meluncur di akhir tahun 2019, Kafee menawarkan kelengkapan fitur yang mungkin tak akan bisa ditemukan di kompetitornya. Jika dilihat dari harganya, mungkin Kafee akan terlihat lebih mahal, namun jika dijejerkan dengan fiturnya, maka harga yang ditawarkan akan terasa wajar, bahkan lebih murah jika dibandingkan produk POS restoran lainnya.

Selain itu, Kafee juga menawarkan uji coba gratis sampai dengan 30 hari dan garansi uang kembali jika sang pelanggan merasa tak puas dengan produk yang dipilih.

https://www.majoo.id/
info gambar

Majoo

Dengan harga berlangganan Rp100.000 per tahun, tak ada yang mengalahkan POS restoran Majoo sebagai yang termurah. Tak hanya itu, fitur-fitur POS yang ditawarkan pun tidak setengah-setengah, seperti penjualan lengkap, laporan lengkap, inventori lengkap, bahkan untuk layanan basic-nya sekalipun.

Jika Anda ingin menambahkan fitur-fitur lainnya seperti invoicing, akunting, dan analisa bisnis, Anda bisa memilih model berlangganan lainnya yang harganya cukup murah. Model Business yang dibanderol dengan harga Rp50.000/bulan/outlet, atau model yang paling lengkap, yakni Business yang dihargai Rp100.000/bulan/outlet.

https://www.beepos.id/
info gambar

Bee POS

Rekomendasi kelima untuk software POS restoran terbaik adalah Bee POS. Software ini menawarkan dua model berlangganan, yakni Desktop dan Mobile. Buat bisnis restoran yang ingin mempercepat operasional bisnisnya dengan perangkat mobile, maka Bee POS adalah pilihan yang paling tepat.

Bee POS juga menawarkan berbagai hardware yang bisa Anda beli langsung dari sang vendor. Tinggal sesuaikan hardware yang diinginkan dengan model berlangganan yang dipilih untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan restoran Anda.

Sampai di sini, pertanyaannya adalah, sistem manakah yang sebaiknya dipilih? Jawabannya; tergantung kebutuhan bisnis restoran Anda. Jika Anda menginginkan POS restoran yang bisa membantu Anda mengelola restoran yang sudah tersebar cabangnya di Indonesia, maka pilihlah software POS yang lengkap fiturnya. Namun jika Anda baru saja merintis bisnis ini, maka memilih software yang mendukung satu cabang dengan harga yang murah sudah lebih dari cukup buat Anda.*

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini