Inilah Deretan Buah Yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Inilah Deretan Buah Yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi
info gambar utama

Beberapa jenis buah ini bisa menjadi obat alternatif untuk anda yang memiliki penyakit darah tinggi. Karena obat obatan kimia bila di konsumsi tentunya memiliki efek samping yang dapat merugikan anda.

Berbagai Macam Buah Penurun Darah Tinggi

  • l Buah Delima

Delima adalah salah satu buah yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Delima ternyata juga merupakan obat darah tinggi. Kandungan kalium dan juga polifenol dalam delima membuatnya mampu menurunkan blood pressure sekaligus menjadi antioksidan bagi tubuh.

  • l Kandungan Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang baik dikonsumsi setiap hari karena baik untuk saluran pencernaan. Konsumsi pepaya secara teratur ternyata juga bisa membantu menurunkan blood pressure. Kandungan potassium atau kalium dalam buah pepaya sangat tinggi bahkan bisa dikatakan lebih tinggi dari melon dan tomat.

  • l Buah Mengkudu

Buah mengkudu memang memiliki aroma yang sedikit menyengat, tetapi buah yang satu ini juga sudah terkenal sebagai salah satu buah penurun darah tinggi.

Mengkudu banyak mengandung vitamin, mineral, dan beberapa senyawa lain yang mampu menjadi antioksidan bagi tubuh. Sebuah penelitian juga sudah menunjukkan manfaat buah mengkudu untuk menurunkan blood pressure.

  • l Kandungan Pada Buah Aprikot

Buah untuk menurunkan tekenanan darah tinggi yang terakhir adalah aprikot. Anda bisa menikmati aprikot dalam bentuk buah kering. Kandungan potassium atau kalium dalam aprikot jumlahnya tiga kali lipat dari buah pisang

  • l Buah Berry

Buah untuk darah tinggi yang pertama adalah buah berry. buah yang termasuk ke dalam jenis buah berry adalah seperti blueberry, strawberry, blackberry, raspberry, hingga cranberry. Fruit berry mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk memelihara blood pressure.

Semua jenis berry tentunya baik, namun jika Anda menginginkan yang memiliki antioksidan dalam bentuk flavonoid yang paling tinggi, maka Anda bisa memilih blueberry. Buah ini lezat dimakan langsung atau bisa Anda campurkan pada oatmeal untuk sarapan.

  • l Kandungan Pada Buah Bit

Buah bit adalah salah satu fruit untuk menurunkan darah tinggi. Buah yang satu ini pada dasarnya merupakan buah yang baik untuk darah karena dipercaya dapat mencegah kekurangan darah. Buah bit juga dipercaya sebagai buah penurun darah tinggi berkat kandungan senyawa nitrat yang ada di dalamnya.

Image result for buah bit

Buah bit bisa disantap dengan berbagai cara mulai dari dibuat salad hingga dipanggang. Cara paling populer dan baik untuk menjaga kandungan buah bit adalah dengan cara menghancurkan buat bit dengan blender. Kemudian meminum air perasan buah bit yang sudah dihancurkan tersebut.

  • l Kiwi

Buah penurun darah tinggi selanjutnya adalah kiwi. Buah kiwi memiliki berbagai kandungan yang mineral yang dipercaya dapat membantu menurunkan blood pressure seperti kalium, kalsium, dan juga magnesium.

Selain itu, buah kiwi juga merupakan fruit yang kaya vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh.

  • l Buah Pisang

Sama seperti kiwi, pisang juga merupakan buah yang memiliki kandungan kalium, magnesium, dan kalsium. Kandungan kalium atau potassium dalam pisang bahkan lebih tinggi. Berkat kandungan kalium yang cukup tinggi pisang menjadi buah yang cocok untuk dapat menurunkan kadar blood pressure.

  • l Jeruk

Buah penurun blood pressure tinggi selanjutnya adalah jeruk. Jeruk merupakan buah yang akan akan vitamin C dan vitamin A. Buah jeruk juga memiliki kandungan yang cukup tinggi. Selain dapat menurunkan blood pressure, konsumsi jeruk secara rutin juga dapat memelihara kesehatan Anda secara menyeluruh.

  • l Kandungan Pada Buah Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan lemak tinggi. Meskipun begitu lemak yang ada dalam alpukat merupakan lemak yang baik bagi tubuh. Alpukat juga memiliki kalium yang tinggi sehingga masuk ke dalam daftar buah penurun darah tinggi.

Kandungan terbaik buah aplukat terdapat pada bagian yang dekat dengan bagian kulitnya.

  • l Melon

Melon juga termasuk salah satu buah penurun blood pressure tinggi yang enak dan efektif. Kandungan melon dikenal tinggi potassium atau kalium. Melon juga mengandung zat lain yang baik bagi tubuh mulai dari vitamin A. vitamin C, zat besi, vitamin B5, magnesium, kalsium, dna juga serat.

  • l Buah Anggur

Anggur juga dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan, khususnya sebagai buah untuk darah tinggi.

Selain dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, anggur juga dipercaya sebagai salah satu buah penurun darah tinggi. Kandungan kalium dalam anggur dipercaya dapat menekan kelebihan natrium dalam tubuh yang menjadi penyebab hipertensi.

  • l Buah Semangka

Semangka mengandung senyawa L-citrulline yang dipercaya dapat membantu relaksasi pembuluh darah, sehingga baik digunakan sebagai obat penurun darah tinggi. Selain mengatasi hipertensi, semangka juga dipercaya baik untuk penderita anemia.

  • l Buah Nanas

Buah untuk menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah nanas. Buah nanas memiliki Kandungan enzim bernama bromelain. Enzim ini memiliki khasiat untuk menangani peradangan dan sering ditemukan di beberapa jenis obat. Tapi selain mengatasi peradangan, bromelain ternyata juga memiliki manfaat untuk menurunkan blood pressure.

  • l Buah Tomat

Tomat juga masuk ke dalam daftar buah untuk darah tinggi karena memiliki Kandungan kalium yang tinggi. Tomat juga memilki kandungan likopen yang banyak manfaatnya bagi tubuh yaitu untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kanker, dan memelihara kesehatan jantung.

Nah itu dia buah-buah yang dapat Kawan GNFI konsumsi untuk menjaga kesehatan dan juga menurunkan darah tinggi.*

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini