Tanaman Yang Cocok Ditanam Pada Musim Penghujan

Tanaman Yang Cocok Ditanam Pada Musim Penghujan
info gambar utama

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki lahan tanah subur sehingga dapat ditanami beragam jenis tanaman baik di daerah dataran tinggi maupun rendah. Saat ini, Indonesia tengah berada di musim penghujan, di mana saat ini curah hujan di Indonesia lebih banyak di banding pada musim kemarau yang secara umum terjadi kisaran bulan April hingga Oktober. Nah, sebagai salah satu mata pencaharian, para petani pun memiliki alternatif guna menghadapi masa tanam di musim penghujan, salah satunya adalah dengan memilih jenis tanaman. Beberapa tanaman di bawah ini adalah tanaman yang cocok ditanam di musim penghujan yang disarankan oleh Kementerian Pertanian Indonesia

  1. Bayam
Bayam | Foto : Kumpulan Tugas Sekolah
info gambar

Bayam atau tanaman yang memiliki nama latin Amaranthus adalah tanaman yang biasa ditanam untuk dimanfaatkan daunnya sebagai bahan sayuran hijau. tanaman yang dikenal karena zat besinya ini memiliki peranan penting bagi tubuh. Kandungan zat besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lainnya, dan, perlu Kawan GNFI tahu bahwa zat besi merupakan sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis ini berguna bagi penderita anemia. Namun, bayam yang dimanfaatkan sebagai sayur hanya umum diketahui Di Asia Timur dan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Waktu penanaman bayam yang paling baik adalah di awal musim hujan dan di awal musim kemarau.

  1. Sawi
Sawi Putih | Foto : HargaBulanIni.com
info gambar

Selain bayam, sawi juga merupakan tanaman hijau yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi baik dimasak terlebih dahulu maupun dalam keadaan segar. Salah satu jenis sawi yang cocok untuk ditanam di musim penghujan adalah sawi putih di mana sawi putih memiliki kekuatan sehingga tidak mudah layu ketika terkena rintikkan air hujan secara terus menerus. Sawi putih atau Brassica Rapa biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan.

  1. Kangkung
Kangkung | Foto : HIDROPONIK STORE
info gambar

Kangkung atau Ipomoea Aquatic Forsk adalah tanaman yang dapat ditemui di kawasan Asia terutama di kawasan berair. Kangkung dapat hidup di dataran rendah dengan kelembaban yang cukup tinggi sehingga kangkung dapat bertahan hidup dan tumbuh saat musim penghujan tiba. Hampir seluruh bagian kangkung dapat dimanfaatkan sebagai makanan, salah satu yang paling terkenal adalah pecak kangkung atau ca kangkung dan kangkung menjadi salah satu bahan dalam membuat pecel.

Beberapa tanaman di atas adalah jenis tanaman yang dapat di tanam di musim penghujan. Hasil panen akan berada pada titik maksimal ketika petani melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan tidak terjadi cuaca ekstrim. Bagi Kawan GNFI yang memiliki hobi bertani atau memiliki peluang pertanian, mungkin beberapa tanaman di atas dapat Kawan GNFI tanam di pekarangan rumah atau lahan persawahan yang Kawan GNFI kelola. Selain tiga jenis tanaman di atas, tanaman-tanaman yang cocok untuk ditanam ketika musim penghujan antara lain adalah selada, genjer dan daun bawang.


Referensi : Wikipedia | 8 villages

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini