Tanaman Yang Cocok Ditanam Pada Musim Penghujan

Tanaman Yang Cocok Ditanam Pada Musim Penghujan

Jagung Hibrida © Cerita dari Tanijoy

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki lahan tanah subur sehingga dapat ditanami beragam jenis tanaman baik di daerah dataran tinggi maupun rendah. Saat ini, Indonesia tengah berada di musim penghujan, di mana saat ini curah hujan di Indonesia lebih banyak di banding pada musim kemarau yang secara umum terjadi kisaran bulan April hingga Oktober. Nah, sebagai salah satu mata pencaharian, para petani pun memiliki alternatif guna menghadapi masa tanam di musim penghujan, salah satunya adalah dengan memilih jenis tanaman. Beberapa tanaman di bawah ini adalah tanaman yang cocok ditanam di musim penghujan yang disarankan oleh Kementerian Pertanian Indonesia

  1. Bayam
Bayam | Foto : Kumpulan Tugas Sekolah

Bayam atau tanaman yang memiliki nama latin Amaranthus adalah tanaman yang biasa ditanam untuk dimanfaatkan daunnya sebagai bahan sayuran hijau. tanaman yang dikenal karena zat besinya ini memiliki peranan penting bagi tubuh. Kandungan zat besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lainnya, dan, perlu Kawan GNFI tahu bahwa zat besi merupakan sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis ini berguna bagi penderita anemia. Namun, bayam yang dimanfaatkan sebagai sayur hanya umum diketahui Di Asia Timur dan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Waktu penanaman bayam yang paling baik adalah di awal musim hujan dan di awal musim kemarau.

  1. Sawi
Sawi Putih | Foto : HargaBulanIni.com

Selain bayam, sawi juga merupakan tanaman hijau yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi baik dimasak terlebih dahulu maupun dalam keadaan segar. Salah satu jenis sawi yang cocok untuk ditanam di musim penghujan adalah sawi putih di mana sawi putih memiliki kekuatan sehingga tidak mudah layu ketika terkena rintikkan air hujan secara terus menerus. Sawi putih atau Brassica Rapa biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan.

  1. Kangkung
Kangkung | Foto : HIDROPONIK STORE

Kangkung atau Ipomoea Aquatic Forsk adalah tanaman yang dapat ditemui di kawasan Asia terutama di kawasan berair. Kangkung dapat hidup di dataran rendah dengan kelembaban yang cukup tinggi sehingga kangkung dapat bertahan hidup dan tumbuh saat musim penghujan tiba. Hampir seluruh bagian kangkung dapat dimanfaatkan sebagai makanan, salah satu yang paling terkenal adalah pecak kangkung atau ca kangkung dan kangkung menjadi salah satu bahan dalam membuat pecel.

Beberapa tanaman di atas adalah jenis tanaman yang dapat di tanam di musim penghujan. Hasil panen akan berada pada titik maksimal ketika petani melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan tidak terjadi cuaca ekstrim. Bagi Kawan GNFI yang memiliki hobi bertani atau memiliki peluang pertanian, mungkin beberapa tanaman di atas dapat Kawan GNFI tanam di pekarangan rumah atau lahan persawahan yang Kawan GNFI kelola. Selain tiga jenis tanaman di atas, tanaman-tanaman yang cocok untuk ditanam ketika musim penghujan antara lain adalah selada, genjer dan daun bawang.


Referensi : Wikipedia | 8 villages

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau50%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

White Tea, Mengapa Bisa Menjadi Teh Termahal dari Indonesia? Sebelummnya

White Tea, Mengapa Bisa Menjadi Teh Termahal dari Indonesia?

Pentingnya Narasi Bijak Para Pejabat Publik Selanjutnya

Pentingnya Narasi Bijak Para Pejabat Publik

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.