Mengulas Fungsi Tanah Bagi Tumbuhan

Mengulas Fungsi Tanah Bagi Tumbuhan
info gambar utama

Tanah adalah sumber daya alam yang berasal dari komponen bumi, berupa hasil pelapukan batuan yang memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan semua makhluk hidup.

Tanpa tanah, makhluk hidup yang bergantung pada tanah tidak akan bisa bertahan hidup. Selain itu, tanah juga merupakan media untuk menanam berbagai tumbuhan.

Jenis tanah yang berbeda juga akan mempengaruhi kesuburan tanaman yang dibudidayakan. Namun tetap saja, tanah tersebut masih merupakan media tanam yang sangat baik. Tentu dengan mencampurkannya bersama beberapa bahan yang dapat menyuburkan tanaman.

Beberapa bahan yang dapat membantu proses penyuburan tanaman pada tanah ialah pupuk organik, pupuk kompos, dan lainnya.

Dilansir dari toriqa.com, ternyata tanah memiliki banyak manfaat. Berikut ialah fungsi tanah yang sangat penting bagi tumbuhan, baik untuk kebutuhan dan perkembangbiakannya.

Akar Menjadi Tempat Tumbuh dan Berkembang Tanaman

Fungsi atau manfaat tanah untuk tanaman ialah sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan akar. Dalam fungsi ini, tanah memainkan dua peran utama, yaitu mendukung pertumbuhan pohon atau bagian atas tanaman, dan penyerapan zat yang dibutuhkan tanaman.

Penyedia Kebutuhan Dasar Bagi Pertumbuhan Tanaman

Bukan hanya manusia yang mempelajari kebutuhan dan memiliki kebutuhan dasar. Akan tetapi semua makhluk hidup juga memiliki kebutuhan dasar, termasuk tanaman.

Tanah adalah sarana yang menyediakan kebutuhan dasar tanaman untuk melakukan aktivitas metabolisme mereka, baik selama pertumbuhan atau produksi.

Beberapa kebutuhan pokok untuk tanaman yang disediakan oleh tanah antara lain air, udara, dan nutrisi lainnya.

Penyedia Persyaratan Sekunder Untuk Pertumbuhan Tanaman

Selain kebutuhan dasar, ternyata tanaman juga memiliki kebutuhan sekunder. Kebutuhan kecil tanaman memiliki tujuan agar tanaman dapat melakukan aktivitasnya dengan baik.

Beberapa zat yang mendukung aktivitas tanaman untuk operasi optimal termasuk aditif yang dihasilkan oleh organisme hidup, terutama dari mikroflora di tanah, seperti stimulus pertumbuhan (hormon, vitamin, dan asam organik khas), kebijakan antagonis, dan racun yang juga bermanfaat sebagai penyakit anti-tanaman juga ada di tanah.

Bahkan, senyawa atau enzim yang berada dalam tanah juga berguna dalam menyediakan kebutuhan primer, atau mengubah racun eksternal, seperti pestisida dan limbah berbahaya industri.

Sebagai Habitat Bagi Organisme Tanah yang Hidup

Fungsi tanah sebagai habitat tanaman hidup adalah positif karena terlibat langsung atau tidak langsung dalam memasok kebutuhan primer, dan sekunder tanaman, serta sifat negatif karena merupakan hama tanaman.

Tanpa tanah, akan sangat sulit bagi tanaman untuk hidup dan tumbuh. Baru-baru ini di dunia pertanian atau peternakan dikembangkan mode penanaman, dan budidaya baru dengan tidak menggunakan tanah atau elemen-elemennya.

Namun, tanaman akan lebih baik jika ditanam dalam tanah. Mengingat bahwa tanah tidak hanya menjadi media untuk tumbuh dan berkembang, tapi tanah juga dapat melindungi tanaman dari berbagai hama dan penyakit.


Itulah beberapa fungsi tanaman yang ternyata memiliki cukup banyak peran, baik secara langsung maupun tidak langsung.*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini