Aneka Sambal Khas Nusantara (Bagian 2)

Aneka Sambal Khas Nusantara (Bagian 2)
info gambar utama

Pada tulisan sebelumnya, yakni Aneka Sambal Khas Nusantara, telah ada beberapa jenis sambal dari Jawa Timur, Bali, Padang dan Manado. Nah, kali ini Kawan GNFI akan diajak wisata kulilner sambal lagi dari daerah-daerah lain. Berikut adalah ragam kekakyaan sambal yang dimiliki nusantara.

Sambal Dabu-dabu | Foto : https://holamigo.id
info gambar
  1. Sambal Dabu-Dabu

Wilayah timur Indonesia yakni Papua memang selalu menyimpan kekayaan, baik kekayaan alam yang menakjubkan maupun kekayaan kuliner, salah satunya adalah sambal dabu-dabu khas Papua. Sambal dabu-dabu Papua adalah sambal yang disajikan sehari-hari. Bahan utama sambal dabu-dabu adalah cabai rawit 10 buah (sesuai selera), tomat satu buah, garam dan gula, semua bahan tersebut diulek namun tidak sampai halus. Kemudian, potong sedikit jeruk purut lalu peras dan teteskan ke sambal yang telah diulek tersebut. Setelah itu, masukkan potongan jeruk purut beserta kulitnya. Hal yang membuat spesial dari sambal dabu-dabu adalah adanya jeruk purut tersebut. Bagi Kawan GNFI yang ingin mencicipi sambal dabu-dabu, Kawan GNFI dapat membuatnya sendiri di rumah tanpa perlu terbang jauh-jauh ke Papua.

Sambal Colo-colo | Foto : jadiberkah.com
info gambar
  1. Sambal Colo-Colo

Sambal colo-colo adalah makanan atau sambal khas dari Maluku Utara dan Maluku yang memiliki ciri khas segar karena menggunakan bahan-bahan mentah namun tetap segar. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal colo-colo yakni cabai rawit yang jumlahnya dapat disesuaikan selera Kawan GNFI, tomat, bawang merah, jeruk nipis, kecap manis dan daun kemangi. Bawang merah, daun kemangi dan cabai rawit tersebut diiris tipis sementara tomat diiris dadu. Campurkan semua irisan bahan-bahan tersebut kemudian peras jeruk nipis ke dalam irisan-irisan tersebut dan tambahkan kecap manis. Aduk rata semua bahan-bahan dan sambal colo-colo dapat disajikan dengan ikan bakar atau makanan lainnya.

Sambal Sirawir | Foto : guideku.com
info gambar
  1. Sambal Sirawir

Desa Tepal, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat memiliki sambal khas yakni sambal sirawir. Bahan yang ada di dalam sambal sirawir yakni garam, cabe rawit, kemiri, laos serai, jeruk purut dan bawang putih. Cita rasa yang dihasilkan dari perpaduan bahan-bahan sambal sirawir yakni rasa pedas dan asin. Sambal sirawir biasanya disajikan dengan makanan berkuah seperti sop dan soto dari masyarakat Tepal.

Sambal Terasi | Foto : herworld
info gambar
  1. Sambal Terasi

Sambal terasi adalah salah satu sambal yang paling banyak dijumpai diberbagai warung makanan. Ada dua jenis sambal terasi yakni matang dan mentah. Sambal terasi memiliki rasa yang khas dan gurih pedas. Cara membuat sambal terasi yakni terasi, cabai, bawang merah dan tomat digoreng lalu dihaluskan atau diulek hingga rata dan tambahkan garam jika diperlukan. Setelah itu, tumis sambal tersebut dengan api kecil dan aduk sedikit. Maka jadilah sambal terasi yang dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat makanan lebih lezat.

Dari beberapa jenis sambal di atas, adakah sambal yang menjadi favorit Kawan GNFI? Atau, sambal apa yang menjadi ciri khas di daerah Kawan GNFI?

Sumber : dikutip dari berbagai sumber

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini