Permudah Matematika dengan Permainan ala Kampoeng Dolanan

Permudah Matematika dengan Permainan ala Kampoeng Dolanan
info gambar utama

Lagi-lagi, kampoeng dolanan mencoba untuk mendekatkan diri dalam hal apapun yang berbentuk permainan. Pada kali ini mencoba untuk mendekatkan permainan berupa domino. Eits, bukan dominonya. Kampoeng dolanan memodifikasi permainan domino dengan kebutuhan para siswa yang menjadikan matematika sebagai mata pelajaran yang tidak disukai untuk bisa disukai dan digemari.

Masih ingat tentang permainan domino ? beberapa orang menyebut permainan ini adalah gaplek karena saat bermain akan terasa lebih seru ketika kartunya dihentakkan ke bawah hingga berbunyi "plek". Nah, mungkin bagi sebagian orang melarang permainan ini karena stigma negatif telah melekat pada domino. Maka, kampoeng dolanan mencoba untuk meluruskan stigma tersebut.

Bukan permainannya yang salah melainkan orangnyalah yang salah dalam menerapkan permainan itu sendiri. Kampoeng dolanan membuat sebuah permainan domino dengan pendekatan matematika. Semua domino di dunia sama. Terdiri dari dua kotak. Kotak atas ada nilai berupa angka dan kotak bawah juga ada nilai berupa angka. Satu kartu yang terdiri dari dua kotak tersebut, oleh kampoeng dolanan dibuat kotak bawah diisi dengan angka 0-10 sedangkan kotak yang atas diisi dengan operasional hitungan. Bahkan materi trigonometri pun ada di kartu ini. Lihatlah Sin 0, Cos 0 dan Tan 0 yang ada ada di permainan ini.

Ada yang masih ingat hasilnya ? Sin 0 hasilnya berapa ? Cos 0 hasilnya berapa dan Tan 0 hasilnya berapa ? hehehe. Ini susah? tidak, justru membuat anak-anak tertarik untuk bermain ini. Rasa ingin tahunya menjadi lebih tinggi. Ini sudah dipraktekkan di salah satu sekolah dasar di Surabaya. Pada siswa kelas 6, dia malah tertarik untuk mengetahui hingga bertanya pada gurunya. "Bu, Sin 0 itu berapa ? Cos 0 itu berapa ?" kata si anak. Coba dilihat polanya. Anak tersebut aktif bertanya bukan mendengarkan atau mendapatkan materi dari guru. Permainan ini juga ada perhitungan-perhitungan lainnya seperti yang nampak pada gambar dibawah ini.

Selain beberapa operasional hitungan diatas. Ada juga kartu yang membuatnya menjadi lebih menyenangkan yaitu mino card itu sendiri. Mino card berfungsi untuk bisa digunakan semua operasional hitungan. Kalau di remi, istilahnya adalah jokernya. Tapi ini bukan sembarang joker, ada juga di kotak bawah yang menyebutkan angka ganjil, angka genap, bilangan prima, bilangan biner, bilangan oktal dan bilangan desimal. Beginilah penampakan kartu tersebut.

Pada kartu tersebut, kotak atas yang bertuliskan 123 itu kotak yang bisa digunakan untuk kotak perhitungan apapun. Namun untuk kotak bawah harus sesuai dengan yang diminta. Angka ganjil adalah 1, 3, 5, 7 dan 9. Angka genap adalah 0, 2, 4, 6, 8 dan 10. Bilangan prima adlaah 2, 3, 5 dan 7. Bilangan biner adalah 0 dan 1. Bilangan Oktal adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7. Hingga bilangan desimal adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan 10.

Kampoeng dolanan membuat dua model yaitu mino card for child dan mino card for reguler. Mino card for child dimainkan untuk anak-anak TK dan SD kelas 1-3. Disana ada operasional perhitungan hanya penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Tetap mempertahankan mino card sehingga ada kartu yang berfungsi bebas. Sementara kartu-kartu yang terpampang di artikel ini dari atas sampai bawah adalah bagian-bagian dari mino card for reguler. Permainan reguler diperuntukkan anak-anak SD kelas 4-6, SMP, SMA, Mahasiswa dan umum. (sam)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini