Saling Membantu Memecahkan Permasalahan Covid-19 dengan Folding@home

Saling Membantu Memecahkan Permasalahan Covid-19 dengan Folding@home
info gambar utama

Saat ini hampir semua negara di dunia sudah terdapat kasus pasien Covid-19, dengan total 470.973 pasien (data per 26 Maret 2020 08.52). Setiap negara itu pun mempunyai kebijakannya sendiri untuk menangani pandemi ini, mulai dari tes massal, pembatasan wilayah, dan sebagainya. Di sisi lain para ilmuwan bekerja keras untuk menemukan vaksin/obat untuk Covid-19, kabar baiknya sudah ada beberapa negara yang sudah memulai proses uji coba vaksin seperti Cina, Amerika Serikat, dan Inggris.

Kita yang bukan ilmuwan dan mempunyai komputer/laptop bisa berkontribusi membantu mereka untuk melakukan simulasi berkaitan dengan protein Covid-19 melalui proyek komputasi terdistribusi Folding@home. Dikutip dari halaman tentang mereka proyek ini bertujuan untuk mensimulasikan dinamika protein, termasuk proses pelipatan protein dan pergerakan protein yang terlibat dalam berbagai penyakit. Menyatukan para kontributor (citizen scientist) yang secara sukarela menjalankan simulasi dinamika protein pada komputer pribadi mereka. Hasil dari simulasi tersebut membantu para ilmuwan untuk lebih memahami biologi, dan memberikan peluang baru untuk mengembangkan terapi (obat). Proyek ini juga mencakup penyakit lain seperti kanker, alzheimer, dan lain-lain.

Untuk mulai berkontribusi cukup dengan menginstal aplikasi Folding@home yang bisa didapat pada pranala https://foldingathome.org/start-folding/, tersedia untuk berbagai macam sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux.

Tangkapan layar halaman Start Folding Folding@home
info gambar

Setelah berhasil dipasang, kita diberikan pilihan apakah ingin berkontribusi secara anonim atau dengan identitas. Jika ingin anonim kosongi saja bagian Name, Team Number, dan Passkey. Namun jika sebaliknya, isi bagian tersebut.

Bagian Change Identity Folding@home
info gambar

Untuk Team Number bisa didapat dari halaman https://stats.foldingathome.org/teams atau bisa bergabung dengan tim GNFI dengan nomor 247033. sedangkan untuk Passkey, kita harus memasukkan Name yang sudah ditentukan sebelumnya dan alamat surel (email), nantinya kode Passkey tersebut akan dikirim via surel. Jika sudah semua klik tombol Save.

Tampilan Web Control Folding@home
info gambar

Pada halaman Web Control, kita diberikan kontrol secara mudah untuk

  1. Mengubah identitas
  2. Memilih berkontribusi pada penelitian spesifik atau apapun (pilih Any disease untuk kontribusi pada Covid-19)
  3. Level Power yang akan digunakan dan kapan
  4. Melihat statistik

Data tersebut juga bisa dilihat dari Advanced Control yang bisa diakses dari tray icon aplikasi Folding@home.

Tray icon Folding@home
info gambar

Dari cuitan akun Folding@home, mereka menyatakan telah mencapai titik exaFLOP, itu sekitar 1.000.000.000.000.000.000 per detik, 10 kali lebih cepat daripada komputer super IBM Summit. Jadi buat kita yang sedang kerja dari rumah, dari sisi teknologi bisa ikut menyumbang sesuatu untuk memecahkan permasalahan pandemi ini, bila ada pertanyaan silakan berkomentar di bawah ya, semoga bermanfaat.

Bacaan selanjutnya:

  1. Coronavirus – What we’re doing and how you can help in simple terms https://foldingathome.org/2020/03/15/coronavirus-what-were-doing-and-how-you-can-help-in-simple-terms/
  2. Folding@home update on SARS-CoV-2 (10 Mar 2020) https://foldingathome.org/2020/03/10/covid19-update/

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Yufi Eko Firmansyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Yufi Eko Firmansyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini