Minuman Tradisional Nusantara; Jakarta dan Jawa Barat

Minuman Tradisional Nusantara; Jakarta dan Jawa Barat
info gambar utama

Minuman tradisional khas nusantara memang banyak sekali dan seakan tidak ada habisnya. Setelah menjelajah pulau Kalimantan dan Sulawesi, Kawan GNFI menemukan beberapa macam minuman khas daerah tersebut atau bahkan mungkin masih ada minuman khas yang belum tertulis. Nah, kali ini, Kawan GNFI akan diajak untuk menjajal minuman khas yang berada di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Yuk, kenalan sama minuman khas dataran Betawi dan tanah Sunda ini :

  1. Bir Pletok – Betawi
Bir Pletok | Foto : tagar.id
info gambar

Dikutip dari wikipedia, bir pletok adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran rempah-rempah, seperti jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan masyarakat Betawi dan masih eksis hingga kini.Bir pletok identik dengan warna merah, yang mana warna merah tersebut berasal dari kayu secang. Meskipun bernama bir pletok, namun minuman khas Betawi ini tidak mengandung alkohol, lho, melainkan bir pletok dapat menjadi penghangat tubuh ketika diminum di malam hari terlebih ketika musim hujan.

  1. Bir Kocok – Sunda
Bri Kotjok | Foto : idn.times
info gambar

Bir kocok merupakan minuman khas yang terkenal di Kota Hujan, Bogor sebagai salah satu minuman warisan dari nenek moyang yang dinilai memiliki banyak khasiat. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan bir kocok mirip dengan bir pletok yakni rempah-rempah, seperti cengkeh, kayu manis, jahe, dan gula aren. Nama bir kocok diberikan karena proses pembuatannya yang mengocok semua bahan-bahan di atas yang nantinya menghasilkan buih di atas minuman hingga menyerupai bir, maka jadilan bir kocok, dikutip dari travelblog.

  1. Bandrek – Sunda
Bandrek | Foto : Resep Koki
info gambar

Tak hanya bir kocok, tanah Sunda juga memiliki minuman tradisional lainnya yakni bandrék. Berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya ditambahkan rempah-rempah lainnya seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Selain dapat membuat tubuh terasa hangat, bandrek juga memiliki khasiat lain yakni dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, menurunkan tekanan darah, mencegah perut kembung, mengatasi masuk angin, mencegah tersumbatnya pembuluh darah, mengobati rematik dan pegal linu, mencegah jerawat dan mempercantik kulit, dan lainnya. Nah, ketika Kawan GNFI merasa beberapa gejala di atas, Kawan GNFI dapat mengonsumsi bandrek, ya, untuk sedikit meredakan sakit.

  1. Lahang – Sunda
Lahang | Foto : bp.blogspot.com
info gambar

Meskipun lahang sudah dikenal di seluruh Indonesia, namun lahang diidentikkan dengan minuman khas tanah Sunda. Nah, lahang sendiri merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari nira atau air sadapan sari aren yang memiliki rasa manis dan segar seperti minuman isotonik. Dikutip dari ayobandung.com, lahang dipercaya memiliki sejumlah khasiat, seperti melancarkan pencernaan, melancarkan ASI, menurunkan demam, dan sebagainya. Kandungannya pun kaya manfaat, mulai dari vitamin A, vitamin C, protein, karbohidrat, hingga asam amino alami.

  1. Bajigur – Sunda
Bajigur | Foto : bp.blogspot.com
info gambar

Minuman hangat lainnya dari tanah Sunda adalah bajigur. Bahan utama bajigur adalah gula aren dan santan namun, untuk menambah rasa lezat bajigur, dicampurkan pula sedikit kopi, jahe, garam. Dalam proses pembuata bajigur, kopi di campur bersama garam, gula aren dan santan yang di aduk sampai rata. Kemudian masak dengan api sedang dan aduk lagi hingga mendidih. Untuk penyedap rasa biasanya di tambahkan vanili, jahe atau kayu manis. Setelah air campuran tadi mendidih kemudian di masukan irisan kolang kaling, serutan kelapa atau roti sebagai bahan tambahan, yang dikutip dari negerikuIndonesia.com.

Bagaimana? Apakah Kawan GNFI pernah mencicipi minuman khas di atas? Selain sangat bervariasi, ternyata minuman tradisional khas nusantara juga berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh, lho. Hal tersebut mengingat bahan-bahan yang digunakan berupa bahan alami yang diolah dengan baik sehingga kandungan yang bermanfaat bagi tubuh tidak hilang. Dan perlu Kawan GNFI tahu, bahwa kini minuman tradisional khas dari berbagai daerah di nusantara sudah tersebar luas mengingat kini banyak perantau yang menjual minuman khas dari daerah masing-masing.

Nah, untuk tulisan berikutnya, Kawan GNFI akan diajak untuk menjajaki wilayah Jawa Tengah dan Daerah Isitimewa Yogyakarta untuk mencari minuman tradisional khas dari dua provinsi tersebut.

Sumber : Wikipedia | Kompas.com | AyoBandung | NegerikuIndonesia | TravelBlog

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini