Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja

Melalui akun Instagramnya, Indra Lesmana mengajak berkolaborasi dalam kegiatan bertajuk 'Stay at Home Jamm Session' ยฉ Instagram @indralesmana

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja ๐ŸŒŽ๐Ÿ 

Seniman memang selalu punya cara unik untuk mengisi kebosanan. Di tengah pandemi Covid-19, banyak dari mereka yang menunjukkan kreativitasnya, meski saat ini hanya tinggal #dirumaja.

Salah satu seniman yang mengisi waktunya dengan cara kreatif adalah Indra Lesmana. Dikenal sebagai salah seorang musisi Jazz terbaik Tanah Air, Indra mengajak musisi-musisi lain untuk berkolaborasi via daring. Dia menyebut kegiatan yang digagasnya itu stay at home jamm session.

Awalnya, Indra yang sangat mahir membuat irama Jazz, memainkan sebuah instrumen musik menggunakan piano dan direkam dalam video. Kemudian ia mengunggah video tersebut di akun Instagram pribadinya @indralesmana. Video ia buat dengan format setengah layar.

Dalam video setengah layar tersebut, tampak Indra sedang memainkan instrumen musik dengan pianonya. Setengah layarnya lagi, bertujuan bagi mereka yang ingin berkolaborasi dengan Indra.

Dalam takarir (caption) video pertama yang diunggahnya itu, Indra menulis, “berhubung @mostlyjazzbrew ga ada session, yuk jamming dan trading solo sama saya.” Kemudian dia menutup unggahannya itu dengan janji akan mengunggah ulang video yang menurutnya bagus. “Yang asik solonya yaa nanti saya repost hahaha,” ujar Indra (19/3/2020).

Tidak berselang lama sejak video itu diunggah, musisi seperti Tohpati langsung mengomentari dan menyatakan keinginannya untuk berkolaborasi. “Kerenn..pingin ngejam..gimana caranya itu?” kata Tohpati.

Dalam rentang waktu enam hari, sejak 19-25 Maret 2020, banyak musisi yang berpartisipasi dalam kegiatan yang digagas Indra Lesmana. Musisi-musisi terkenal Indonesia seperti Tohpati, Nesia Ardi, Barry Likumahuwa, Gerald Situmorang, Yura Yunita, Gusti Hendi (GIGI), Dewa Budjana (GIGI) dan Stevie Item pun turut meramaikan stay at Jam Session bersama Indra Lesmana.

Sebagai hiburan Kawan GNFI yang sedang belajar atau bekerja di rumah. Unggahan video bertajuk stay at home jam session bersama Indra Lesmana, bisa kawan-kawan saksikan di akun Instagram @indralesmana. Atau video-video lain yang tidak diunggah di Instagram Indra Lesmana, bisa disaksikan dalam unggahan yang tergabung pada tagar#MostlyJazz dan #InstaJam.

Bukan Hanya Indra Lesmana

Selain Indra Lesmana, musisi lain yang menggagas kolaborasi melalui sosial medianya adalah Vincent Rompies. Mantan personil grup band Club 80’s itu, kini lebih dikenal sebagai pembawa acara di salah satu stasiun televisi nasional. Meski begitu, ia masih tetap bermain musik.

Di waktu senggangnya saat sedang berada di rumah, dia mengajak rekan-rekannya sesama musisi untuk jamming bersamanya. Riko Prayitno misalnya, gitaris grup band Mocca itu memainkan lagu Also Ran karya Blue Boy, band beraliran pop alternatif dari negeri Britania Raya.

Selain Riko ada juga Henry Foundation, personil dari Good Night Electric. Bersama Vincent yang memetik gitar, Henry menyanyikan lagu berjudul Girl You’ll Be a Woman Soon, karya musisi asal Amerika Serikat Neil Diamond.

Selain dari dua musisi di atas, Vincent juga mengajak musisi-musisi Tanah Air lainnya untuk berkolaborasi. Ada Billy Saleh (Polka Wars), Ardhito Pramono, Larry Poetiray (Myownmusic), serta Eross Candra gitaris senior dari band pop legendaris Indonesia, Sheila On 7..

Duet bersama Eros itu, kata Vincent, juga merupakan kado untuk ulang tahunnya. “Kado ultah dr [dari] @erosscandra..untuk kalian, mari bernyanyi bersama-sama,” tulis Vincent dalam unggahan di Instagramnya @vincentrompies (30/3/2020).

Tidak hanya Indra Lesmana dan Vincent Rompies, musisi lain yang juga memberi hiburan lewat sosial medianya adalah Denny Chasmala. Denny adalah seorang komposer dan pencipta lagu yang sudah malang melintang di industri hiburan Indonesia. Karya-karyanya banyak mewarnai dunia musik Tanah Air, diantaranya lagu Pilihlah Aku yang dipopulerkan oleh Krisdayanti dan Berharap Tak Berpisah yang dinyanyikan Reza Artamevia.

Dalam kesempatannya bekerja dari rumah, Denchas, sapaan akrabnya, mengunggah video dirinya yang tengah memetik gitar memainkan lagu Rumah Kita karya God Bless. Seperti Indra Lesmana, Denchas mengunggah video setengah layar untuk mengajak orang lain berkolaborasi.

“Yuk kita semua kreatif di rumah aja sampai virus Corona pergi dari Tanah Air. Yang suka nyanyi, main alat musik boleh dimasukan videonya dengan menyanyikan atau memainkan alat musik reff lagu “Rumah Kita” milik @ianantono.official Godbless di sisi gambar hitamnya sebelah kanan,” tulis Denchas dalam unggahan di akun Instagramnya @dennychasmala.

Melalui ajakannya itu, beberapa seniman musik yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia turut berpartisipasi. Anang Hermansyah, misalnya, menyanyikan lagu Rumah Kita mengikuti iringan gitar Denchas.

Seniman tradisional yang biasa menyanyikan lagu Jawa, Endah Laras juga ikut menyumbangkan suaranya. Dengan cengkok Jawa yang khas, Endah menembangkan lagu karya God Bless itu sambil mengikuti petikan gitar Denny.

Selain yang bernyanyi, Denchas juga mengunggah orang-orang yang mengiringi petikan gitarnya dengan menggunakan alat musik. @regysuling, seorang bocah yang memainkan suling tradisional, juga mengiringi petikan gitar Denchas. Melodi dari petikan gitar dan suling yang saling berpadu, membuat alunan lagu Rumah Kita semakin nikmat didengar. Ada juga akun @rudss_m, yang memainkan alat musik sape khas Kalimantan. Alunan sape yang dia mainkan, semakin membuat syahdu alunan musik Rumah Kita.

Tidak berhenti sampai di situ, Denchas juga menciptakan sebuah lagu untuk menemani masyarakat yang saat ini sedang bekerja dan belajar dari rumah. “Karena dunia sedang berduka, saya menciptakan sebuah lagu. Lagu ini boleh dinyanyikan oleh siapa saja dan boleh di-share agar masyarakat tetap di rumah,” kata Denchas dalam video yang diunggahnya (2/4/2020).

Begini lirik lagunya, “boleh bersedih asal jangan putus asa. Tetap di rumah menunggu jawab-Nya. Yakinlah kita badai ini akan sirna. Menjaga jarak dan jangan lupa berdoa. Tetap di rumah dan sayangi keluarga.”.

Penyanyi-penyanyi bersuara merdu seprti Ari Lasso, Ferdi Tahier (Elemen), dan Yuni Shara juga turut menyumbangkan suaranya. Nampaknya, orang-orang yang menyanyikan lagu ciptaan Denchas akan terus bertambah.

Bagi Kawan GNFI yang juga ingin menyumbangkan suaranya juga boleh. Langsung saja unggah video sedang menyanyikan lagu ciptaan Denchas tersebut. Jangan lupa tandai akun Instagram @dennychasmala diunggahan kawan-kawan.

Selagi menunggu tertanggulanginya pandemi Covid-19, sepertinya insiatif dari para seniman seperti Indra Lesmana, Vincent Rompies dan Denny Chasmala, bisa menjadi penghibur kala kawan-kawan sedang belajar dan bekerja di rumah.

Sumber: Pophariini.com | @indralesmana | @vincentrompies | @dennychasmala

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Gerakan #Ikut Bantu Lawan Covid-19 Serahkan Bantuan APD Sebelummnya

Gerakan #Ikut Bantu Lawan Covid-19 Serahkan Bantuan APD

Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok Selanjutnya

Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok

Pandu Hidayat
@armandu

Pandu Hidayat

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.