Sejarah Hari Ini (5 April 1948) - Hari Jadi Kabupaten Subang

Sejarah Hari Ini (5 April 1948) - Hari Jadi Kabupaten Subang
info gambar utama

Setelah proklamasi kemerdekaan tahun 1945, Belanda yang membonceng tentara Sekutu mendarat untuk merebut Indonesia lagi.

Rakyat Indonesia di daerah Subang yang saat itu termasuk dalam Karesidenan Jakarta turut berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan.

Pada masa gerilya tahun 1946, pemerintah Keresidenan Jakarta yang dikomandoi Residen Kosasih Purwanegara dan wakilnya Mu'min berkedudukan di Subang.

Setahun kemudian, ketika Agresi Militer I semakin gencar dilakukan Belanda, para pejuang dan residen mundur ke pedalaman hutan.

Pada 24-25 Oktober 1947, residen melakukan rapat yang hasilnya membentuk pemerintahan darurat yang terbagi menjadi Karawang Barat dan Karawang Timur.

Beberapa bulan berselang atau tepatnya pada 5 April 1948, rapat diadakan kembali untuk menetapkan Karawang Barat dan Timur menjadi kabupaten serta menunjuk bupatinya.

Wilayah Kabupaten Karawang Timur saat itu meliputi gabungan Wilayah Purwakarta dan Subang saat ini dengan pusat pemerintahan berada di Subang.

Danta Ganda Wikarma terpilih sebagai Bupati Subang kala itu.

Tanggal pembentukan Karawang Timur inilah yang kemudian dijadikan hari jadi Kabupaten Subang saat ini.

Penetapan nama Kabupaten Karawang Timur pada 5 April 1948 tersebut dijadikan momentum hari jadi Kabupaten Subang yang kemudian ditetapkan melalui Keputusan DPRD No. : 01/SK/DPRD/1977.

Menurut penulusuran Kotasubang.com, Desa Cikadu merupakan tempat rapat pembentukan Kabupaten Subang.

Sebagai bukti, terdapat Palagan dan Prasasti Monumen Perjuangan Cikadu yang diresmikan Bupati Rohimat pada 11 April 2003.


Referensi: Subang.go.id, Kotasubang.com, Jabarprov.go.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DI
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini