Nostalgia Majalah Anak yang Pernah Eksis Pada Masanya

Nostalgia Majalah Anak yang Pernah Eksis Pada Masanya
info gambar utama

Pada masa kecil, generasi 90-an ke bawah memiliki beragam aktivitas seru, mulai dari bermain bersama teman-teman, menonton kartun kesukaan, hingga membaca buku bergambar juga menjadi salah satu opsi hiburan mereka.

Tentunya tak hanya dongeng atau komik semata, majalah juga menjadi hal yang menarik untuk dibaca setiap minggu oleh mereka. Pasalnya, majalah lebih banyak memberikan informasi yang luas.

Misalnya informasi tentang sang idola, cerita pendek, komik, dan ulasan-ulasan cerita lainnya. Nah, untuk mengajak Kawan GNFI kembali pada masa 90-an, berikut beberapa list and fact majalah anak-anak yang pernah hits pada masanya. Yuk, kita bernostalgia!

Bobo

44 Tahun Majalah Bobo | @kompasiana.com
info gambar

Majalah dengan ikon kelinci berwarna biru ini terbit sejak 14 April 1973, dengan berisi ulasan-ulasan cerita pendek bergambar, aktivitas anak seperti mewarnai, menyambung titik-titik, mengikuti garis, membedakan gambar, dan menebak gambar.

Namun, banyak yang tidak menyangka bahwa Majalah Bobo berasal dari Negeri Kincir Angin, Belanda. Hal ini bermula dari ide untuk membeli lisensi penerbitan majalah berasal dari PK Ojong dan Jakob Oetama. Dua orang inilah, yang mencetuskan Majalah Bobo versi Indonesia dengan menggabungkan rubrik anak-anak di sebuah koran nasional dengan Bobo versi Belanda.

Selain itu, nama-nama tokoh dalam Majalah Bobo juga terinspirasi dari nama Belanda, lho. Misalnya Bibi Titi Teliti dengan nama asli Tante Pieta Secuur, atau Paman Gembul yang diambil dari nama Oom Slokop, dan lain-lain.

Donal Bebek

Donal Bebek 1974 | @gramedia.com
info gambar

Kawan GNFI, siapa disini yang masih ingat dengan tokoh Paman Gober, Desi, dan Gerombolan Si Berat? Mereka tentu saja pernah mewarnai masa kanak-kanak kalian, ya. Karakter yang sangat menggemaskan ini tidak hanya hadir dalam bentuk gambar saja, tapi juga ada dalam serial animasi film pendek.

Tentu, ribuan serial yang mereka punya memiliki beragam cerita yang mengundang gelak tawa kalian di masa kecil. Ada yang rindu dengan majalah ini?

Ananda

Majalah Anak-Anak Ananda No. 24 Tahun 1983 | @bukalapak.com
info gambar

Majalah yang satu ini mungkin tidak seterkenal majalah anak-anak lainnya. Majalah Ananda diterbitkan oleh Yayasan Raden Saleh, atau boleh dikatakan grupnya Kartini yang memberikan bacaan dengan mengusung tema kartun.

Tidak hanya itu, di dalam majalah ini juga terdapat goresan komik ala Barat yang disesuaikan dengan gambar bernuansa lokal. Sungguh unik, bukan?

Tom-tom

Majalah dan Komik Legendaris Jaman Dahulu | @blogunik.com
info gambar

Majalah Tomtom sepintas memang mirip dengan Majalah Ananda. Hanya saja, pada majalah ini muatan lokalnya lebih banyak dibandingkan dengan Majalah Ananda yang juga menampilkan muatan luar negeri.

Mentari

Majalah Anak Indonesia Mentari Tahun XXVIII | @bukalapak.com
info gambar

Majalah Mentari merupakan salah satu majalah yang memberikan informasi seputar artis cilik, atau penyanyi cilik yang sedang hits di masanya.

Tak hanya itu, Majalah Mentari juga memberikan berbagai pengetahuan dunia, dan juga kisah-kisah, seperti Abunawas dan Gino CS. Kawan GNFI, ada yang pernah berlangganan?

Fantasi

Majalah-Majalah Favorit Semasa Kecil | @hannihandayani.com
info gambar

Tabloid ini mengupas berbagai macam informasi mengenai artis, penyanyi cilik, dan juga tayangan tv yang hit pada masanya. Selain itu, juga banyak pengetahuan yang dipaparkan dalam tabloid tersebut.

Sayangnya, saat ini Fantasi telah berubah haluan menjadi majalah remaja, dan berganti nama menjadi Teen. Siapa yang pernah mengkoleksi tabloid Fantasi ini?

Selain enam majalah di atas, ada pula majalah anak legendaris yang dikenal oleh generasi yang lahir tahun 1950-an hingga 1980-an, yaitu Si Kuncung. Majalah ini juga telah melahirkan banyak penulis diantaranya, Soekanto SA, Mohammad Sobary, dan Riyono Pratikno.

Kemudian, disusul dengan majalah anak yang lainnya seperti Kawanku, Gatot Kaca, Majalah Ina, Ino, Majalah Imut, dan lain-lain. Jadi, dari artikel majalah di atas, manakah yang menjadi favorit Kawan GNFI?*

Sumber : IDNtimes | Kaskus | Hipwee

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini