“Bagirata” Ada Untuk Mereka yang Kehilangan Pekerjaan Akibat Pandemi

“Bagirata” Ada Untuk Mereka yang Kehilangan Pekerjaan Akibat Pandemi
info gambar utama

“Saya diliburkan tanpa kejelasan sampai kapan, dan saya harus menandatangani surat pernyataan tidak menerima gaji. Sedangkan saya mempunyai anak dan istri yang harus saya beri makan dan rumah kontrakan yang harus saya bayar. Mudah-mudahan saya mendapatkan bantuan agar meringankan biaya hidup sampai bekerja kembali.”

Ungkapan di atas dituturkan oleh Ilham Azis yang -sebelum pandemi Covid-19 menyerang- bekerja sebagai chef di Yogyakarta. Dia menuturkan setidaknya dia butuh dana minimum Rp 1,5 juta untuk menghidupi dirinya dan keluarga selama satu bulan ke depan.

Selain Ilham, ada Adzan yang berprofesi sebagai pengemudi ojek daring yang mengaku hanya mendapatkan order satu saja setiap harinya karena pandemi. Dia mengaku butuh dana Rp 1,5 juta untuk menghidupi keluarganya selama satu bulan ke depan.

Skenario pertumbuhan ekonomi Indonesia memang dengan cepat berubah setelah pandemi Covid-19 sampai ke Indonesia. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati pernah bilang, pertumbuhan ekonomi tahun ini –meski baru di awal tahun- diprediksi hanya tumbuh 2,35 persen. Skenario lainnya yang sangat berat bisa terjadi bahkan mencapai -0,4 persen.

Bagirata, Platform Crowdfunding di Tengah Pandemi Covid-19
info gambar

Melihat keadaan seperti itu, Lody Andrian bersama Ivy Vania, Muhammad Rheza, dan Elham Arrazag menginisiasi untuk membuat platform sederhana, yaitu Bagirata. Sebuah platform penyalur untuk mendistribusikan dana bantuan secara langsung dari donatur kepada para pekerja yang terdampak di masa pandemi.

Disini, adakah Kawan GNFI punya kenalan atau bahkan kamu sendiri yang menjadi salah satu orang yang terdampak pandemi? Kehilangan pekerjaan atau bahkan dipaksa mengambil unpaid leave (cuti tak dibayar) sampai batas waktu yang tidak ditentukan? Atau bahkah PHK? Jika memang kondisinya seperti itu, Kawan GNFI bisa menggunakan aplikasi Bagirata.

Percayalah! Banyak sekali Kawan GNFI di luar sana yang ingin membantu kamu secara langsung.

Bagirata Dibuat Untuk…

Platform ini merupakan fasilitas proses crowdfunding atau pengumpulan dana ke pekerja yang terdampak ekonomi di tengah ketidakpastian kapan meredanya pandemi Covid-19. Lody dkk mengupayakan membentuk Bagirata untuk didedikasikan kepada mereka yang termasuk dalam kategori golongan informal, para pekerja sektor industri yang terdiri dari:

  • Pariwisata/Perhotelan/Akomodasi
  • Jasa/Hospitality/Food & Beverages
  • Hiburan/Seni/Budaya/Kreatif/Event
  • Pekerja Lepas/Pegawai Outsource/Gig Economy
  • Bisnis Kecil dan Menengah

Ivy - salah satu inisiator- platform ini juga merupakan salah satu orang yang terdampak dari pandemi ini. Bagi Ivy alasan pembuatan Bagirata sangat personal yang diawali fakta dan keadaan yang terjadi di komunitas yang dekat dengan dirinya. “Sampai akhirnya berpikir untuk scale up gerakan ini supaya bisa dirasakan orang banyak,” ungkap Ivy seperti yang dikutip dari Kumparan.

Sistem pengumpulan dana yang dilakukan oleh Bagirata memang tidak seperti sistem donasi pada umumnya. Karena memang ini bukan merupakan platform bisnis, jadi tidak ada penarikan seperti biaya administrasi atau maintenance platform. Oleh karena itu, tidak ada aliran dana yang masuk melewati situs ini.

Jadi, dana akan langsung diterima oleh penerima distribusi dana yang akan langsung diterima di dompet digital mereka seperti Go-Pay, Jenius Cashtag, Dana.

Cara Bergabung Menjadi Penerima Distribusi Dana

Jika Kawan GNFI ingin merekomendasikan situs ini untuk kerabat terdekatmu, mereka harus masuk ke dalam database Bagirata dengan mengisi Formulir Penerima Dana yang tersedia dalam situs dengan memilih pilihan menu “Masuk Sebagai Penerima Dana”. Begini tahapannya:

  1. Isilah data pribadi secara lengkap, termasuk URL akun media sosial kamu serta QR Code dompet digitalmu. Database ini bersifat real-time dan terbuka jadi kamu bisa mengecek kembali data yang sudah kamu masukkan dan melihat siapa saja yang sudah mendaftar. Dimohon untuk tidak mencantumkan nama yang sama dua kali, ya.
  2. Setelah mengisi Formulir Penerima Dana, maka Tim Bagirata akan melakukan verifikasi indentitas setiap harinya. Jika tidak ada pemberitahuan melalui pesan pribadi (direct message) di media sosialmu, itu artinya sudah terverifikasi dan masuk ke dalam daftar penerima dana.
  3. Nantinya, kamu tinggal menunggu dana yang masuk ke dompet digital kamu dengan memo “bagirata”
  4. Setelah menerima dana, batu Tim Bagirata untuk mendokumentasikan bukti transaksi tersebut dengan melalukan Ini supaya dapat dipertanggungjawabkan secara transparan.
  5. Setelah jumlah minimum kamu terpenuhi, tolong pertimbangkan untuk menghampus namamu dari database dengan mengontak admin yang tertera.

Sesuai dengan nama situsnya, Bagirata, maka keputusan mengenai siapa yang akan dikirim sepenuhnya ada di tangan pengirim dana. Jadi, Kawan GNFI tetap terus berdoa dan percaya bahwa sangat banyak kawan-kawan kita yang mau membantu. Tetap semangat, ya!

Hingga artikel ini diterbitkan, tercatat sudah ada 912 pendaftar sebagai calon penerima distribusi dana. Beberapa di antaranya ditolak oleh Tim Bagirata karena alasan kurang lengkapnya identitas yang harus diisi. Namun sebagian besar sudah diverifikasi dan beberapa masih dalam proses.

Ingin Berpartisipasi Mendistribusikan Dana

Jika Kawan GNFI termasuk ke dalam orang-orang yang masih bisa bekerja di rumah, masih akan tetap digaji bulanan, dan tidak berisiko karena pandemi, tentu saja bisa ikut berpartisipasi menjadi penyumbang dana.

Spesialnya, Kawan GNFI bisa membagi rata dari uang yang akan kamu keluarkan kepada 10 orang penerima dana sekaligus yang dipilih secara acak. Tidak hanya kepada satu orang. Kawan GNFI tinggal mengikuti tahapannya saja. Sangat sederhana dan mudah. Perbedaannya, kamu tidak perlu untuk mengisi formulir atau apapun. Cukup dengan scan QR Code penerima dana dan langsung transfer sejumlah uang.

Melansir dari akun media sosial Instagram Bagirata (@bagi.rata), total dana yang telah terdistribusi hingga 13 April 2020 pukul 23.00 WIB adalah Rp 16.292.013. Angka ini akan terus bertambah seiring dengan masih tersebarnya kebaikan-kebaikan Kawan GNFI.

Bagirata Platform Crowdfunding Secara Langsung di Tengah Pandemi Covid-19
info gambar

Kawan GNFI juga tidak harus selalu menjadi pemberi dana, lho. Tim Bagirata juga membuka kesempatan untuk siapapun yang ingin berkontribusi mengembangkan platform ini. Salah satu posisi yang dibutuhkan adalah Tim Operasional, Tim Strategi Komunikasi Media Sosial, Design, dan IT. Bisa di cek di situs www.bagirata.id.

Sumber: Bagirata.id | Kumparan | Detik.com

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini