Keren! Dua Anak Ini Membuat Komik Selama Masa Karantina

Keren! Dua Anak Ini Membuat Komik Selama Masa Karantina
info gambar utama

Begitu pembatasan sosial diberlakukan, gerak semua orang menjadi terbatas. Aktivitas yang biasa dilakukan di luar, sebisa mungkin harus dipindah ke dalam rumah. Kendati demikian, berbagai aktivitas kreatif pun mulai tercipta untuk mengisi waktu seusai bekerja, atau belajar dari rumah.

Itu juga yang dilakukan oleh dua anak asal Bandung ini. Selama masa karantina, selain belajar dari rumah, mereka juga membuat karya komik, dan berhasil diterbitkan oleh penerbit.

Cahaya Shareefa seorang gadis kelahiran 2009, mengisahkan kegiatannya selama di rumah dalam komik berjudul Di Rumah Saja. Kegiatan belajar secara daring, dan latihan sepatu roda di rumah menjadi cerita di komik sepanjang empat belas halaman ini.

Lain halnya dengan Aghniya Maulany yang lahir pada tahun 2011, ia bercerita tentang usaha menjaga keluarganya dari wabah virus. Dalam komik itu, ia mengingatkan ibunya untuk cuci tangan pakai sabun. Ia juga membantu menyemprotkan disinfektan ke pakaian ayahnya saat pulang kerja. Komik itu diberi judul Saling Melindungi.

Kedua komik tersebut hadir dalam kompilasi Komik Next G #dirumahaja terbitan Muffin Graphics. Komik Next G adalah serial komik ramah anak yang diperuntukkan bagi anak usia 8-14 tahun. Sampai saat ini, seri ini telah terbit sebanyak 400 volume dengan beragam tema, mulai dari persahabatan hingga religi.

Komik Karya Anak Indonesia

Tidak dibuat asal-asalan

Kedua karya tersebut merupakan hasil kolaborasi anak-anak dengan para ilustrator profesional. Awalnya, anak-anak itu mengirimkan komik sebanyak dua halaman ke penerbit. Setelah melalui proses seleksi, komik itu digambar ulang menjadi empat belas halaman oleh ilustrator, agar layak terbit dan enak dibaca. Setidaknya, ada dua ilustrator yang mengerjakan Komik Next G #dirumahaja, yaitu Rendra M. Ridwan dan Faisal A.S.

Selain dua komik tersebut, pembaca dapat menikmati dua karya lainnya berjudul Kenangan Terindah karya Namira Masfuroh yang berkolaborasi dengan Marliana, dan Ke Luar Angkasa buatan Nisrina Aisha Y. bersama Aryo.

Hingga saat ini, penerbit Muffin Graphics masih menantikan karya-karya anak Indonesia lainnya untuk diterbitkan. Jadikan masa di rumah saja tidak membosankan dengan berkarya bersama Muffin Graphics, siapa tahu karya adik atau anak dari Kawan GNFI lolos seleksi redaksi dan diterbitkan juga. Tertarik mencoba?*

Sumber: Muffingraphics.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini