Alumni UNS Bentuk Gerakan Ilustrator Peduli

Alumni UNS Bentuk Gerakan Ilustrator Peduli
info gambar utama

Masa pandemi Covid-19 masih berlangsung. Meskipun begitu, di tengah kondisi seperti ini membuktikan bahwa ternyata kekalutan juga bisa menyatukan, dan menggerakkan jiwa sosial banyak orang.

Semakin banyaknya korban terinfeksi Covid-19, membuat banyak orang, mulai dari individu, komunitas, bahkan perusahaan melakukan aksi penggalangan dana demi membantu para medis dan mereka yang membutuhkan.

Hal ini pula yang menggerakkan para alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) untuk turut serta berperan, melalui program kreatif bertajuk "Ilustrator Peduli".

Program Ilustrator Peduli merupakan gerakan menghimpun donasi berupa karya ilustrator, yang nantinya hasil penjualan akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Satu buah ilustrator berisikan maksimal dua wajah dihargai sebesar Rp50.000.

program ilustrator peduli
info gambar

Sejak 24 Maret lalu, telah ada sebanyak 80 buah ilustrasi yang berhasil dikerjakan. Gerakan ini pun akan terus berlangsung hingga pandemi Covid-19 berakhir. Hingga artikel ini diterbitkan, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp8.000.000.

Kemudian, dana akan disalurkan pada Nutrisi Garda Terdepan yang selama ini mendukung kebutuhan para tenaga medis di berbagai rumah sakit di Surakarta, Jawa Tengah. Biasanya, dana yang terkumpul akan dibelikan untuk pembagian Alat Pelindung Diri (APD), pembagian masker, dan pencetakan poster edukasi yang dilakukan oleh tim Solo Lawan Corona.

Hingga kini, ada sebanyak 18 orang yang tergabung dalam project pembuatan ilustrator untuk penggalangan dana. Tak hanya dari alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) yang tinggal di Solo saja, namun ada juga dari berbagai daerah, yaitu dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Makassar, Pekalongan, dan Purwokerto.

Awalnya Ilustrator Peduli hanya beranggotakan 3 orang alumnus UNS lulusan Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik (FT), lulusan Prodi Bimbingan Konseling (BK) Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan lulusan Prodi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) saja. Namun seiring berjalannya waktu, banyak yang ikut bergerak. Sampai yang masih berstatus mahasiswa pun juga ikut dalam program Ilustrator Peduli ini.

Untuk Kawan GNFI yang berminat turut serta menjadi donatur sekaligus memiliki karya dalam format ilustrator, dapat bergabung bersama dengan menghubungi akun instagram Ilustrator Peduli di @ilustratorpeduli.*

Sumber: uns.ac.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini