5 Seniman Muda Indonesia yang Mendunia

5 Seniman Muda Indonesia yang Mendunia
info gambar utama

Indonesia mempunyai banyak seniman muda yang bertalenta. Tidak hanya eksis di tanah air saja, tnama mereka juga dikenal hingga mancanegara. Melalui karya yang dihasilkan, mereka mampu #MenembusBatas dalam meraih mimpi.

Kira-kira, siapa saja ya seniman muda Indonesia yang berhasil mendunia? Berikut daftar seniman muda Indonesia yang sudah youngontop.com rangkum.

Naufal Abshar

Naufal Abshar - Seniman Muda Indonesia yang Mendunia
info gambar

Seniman yang berkolaborasi dengan Kunto Aji untuk cover album Mantra-mantra ini emang sudah memiliki hobi menggambar sejak duduk di bangku taman kanak-kanak. Singkat cerita, saat Naufal diterima kuliah di Lasalle College of the Arts, Singapura, Naufal menyadari bahwa menggambar adalah passion-nya.

Setelah lulus kuliah, cowok kelahiran 13 Juli 1993 ini mulai mengikuti berbagai pameran seni. Naufal memulainya dari pameran kolektif di Singapura, hingga ke Venesia dan Lithuania. Di bulan Januari 2018 lalu, Naufal sukses menyelenggarakan pameran perdananya bertajuk Is This Fate di Galeri Art Porters, Singapura. Bagi Naufal, penting untuk bisa keluar dari zona nyaman supaya bisa mengembangkan potensi.

The Popo

The Popo - Seniman Muda Indonesia yang Mendunia
info gambar

Seniman yang memiliki nama asli Riyan Riyadi ini pasti sudah sering kamu temui di linimasa media sosial. Karyanya yang mengandung unsur kritik sosial dan politik menjadi perhatian tersendiri dari The Popo, khususnya bagi anak muda.

Tidak heran kalau Popo selalu menjadi pusat perhatian di berbagai acara, termasuk Jakarta Biennale. Popo juga pernah tampil di Berlin Street Art di Berlin dan Nite Festival di Singapura.

Roby Dwi Antono

Roby Dwi Antono - Seniman Muda Indonesia yang Mendunia
info gambar

Roby merupakan pelukis asal Semarang yang dikenal memiliki karya dengan unsur drama dan melankolis. Fakta lain dari karya Roby Dwi Antono adalah Roby selalu menyisipkan cerita tentang keluarganya di setiap karya yang dihasilkan.

Karya Roby mendapatkan apresiasi dari Galeri Stephanie Filipina, hingga mampu membawa lukisannya ke pagelaran seni Art Fair Tokyo 2016 lalu. Tak hanya itu, lukisannya juga dijadikan sampul album band asal Denmark, Sleep Party People. Keren banget, ya!

Diela Maharanie

Diela Maharanie - Seniman Muda Indonesia yang Mendunia
info gambar

Cerita unik datang dari seniman yang satu ini. Sebelum memutuskan untuk menekuni bidang ilustrasi, Diela sempat berkarir sebagai akuntan, lho! Hingga akhirnya Diela memutuskan untuk berhenti berkarier sebagai akuntan dan mendalami passion-nya, yakni menggambar.

Pameran seni pertama skala internasional Diela adalah South East South West (SESW) di Austin, Amerika Serikat, pada tahun 2010 lalu setelah karyanya muncul di DeviantArt. Di tahun yang sama, Diela juga mengikuti pameran dengan 13 ilustrator dunia di Paris, Marseille dan Toulouse. Tidak hanya itu, Diela juga sering diajak berkolaborasi dengan berbagai brand untuk menampilkan karyanya, seperti Adidas dan Cotton Ink.

Griselda Sastrawinata

Griselda Sastrawinata - Seniman Muda Indonesia yang Mendunia
info gambar

Siapa sih yang tidak tau film animasi Moana? Ternyata, Griselda Sastrawinata, seniman asal Indonesia ini menjadi salah satu orang yang terlibat di belakang layarnya, lho. Cewek lulusan Art Center College of Design, California ini memulai karirnya bersama Walt Disney Animation Studios dengan mengerjakan projek film animasi Moana di mana Griselda menjadi bagian Visual Development Artist.

Terakhir, Griselda mengerjakan projek film Frozen 2 untuk menjadi desainer kostum para karakter film Frozen 2. Wah, hebat, ya!

Nah, itulah deretan anak bangsa seniman muda Indonesia yang berhasil mendunia versi youngontop.com. Semoga kisah mereka bisa menginspirasi Kawan GNFI, ya!

Jika Kawan GNFI ingin membaca artikel seru dan inspiratif lainnya, silakan kunjungi youngontop.com, atau ikuti media sosial mereka di @youngontop.*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini