Kawasaki Ninja ZX-25R Resmi Dirakit di Indonesia

Kawasaki Ninja ZX-25R Resmi Dirakit di Indonesia
info gambar utama

Kawan GNFI pencinta motor sport, ada kabar baik yang datang dari jenama Kawasaki Motor Indonesia (KMI), terkait produksi motor sport yang paling ditunggu tahun ini, yakni Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc yang mengadopsi mesin 4-silinder.

Kabar baik itu adalah, pihak KMI telah menegaskan jika motor yang dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show pada tahun lalu ini akan dirakit di Indonesia.

Ya, Kawasaki Ninja ZX-25R akan diproduksi KMI di pabrik Cikarang, Jawa Barat, dengan status perakitan lokal (completely knock-down/CKD). Demikian konfirmasi Head Sales And Promotion KMI, Michael C. Tanadhi, dalam GridOto.

"Alasannya karena kuota import sedang susah, dan mulai dibatasi, jadi nanti motor yang customer Indonesia dapat adalah produksi dari Indonesia," ungkap Mike--sapaan akrabnya.

Lebih jauh Mike mengatakan jika ada beberapa komponen dan suku cadang (spare part) yang memang didatangkan dari luar negeri. Meski begitu, Mike menampik soal keterbatasan suku cadang nantinya.

Antisipasi Tingginya Permintaan

Hal lain soal diberikannya kepercayaan perakitan Kawasaki Ninja ZX-25R di Indonesia adalah soal permintaan yang cenderung tinggi pada produk-produk motor sport Kawasaki. Hal ini juga untuk mengantisipasi pra-pemesanan (inden) yang bertumpuk.

''Karena kalau impor, kita takut ada pembatasan lagi dari pemerintah, sehingga gak bisa memenuhi demand-nya (permintaan) kustomer," curhat Michael.

Pendek kata, selain KMI menjamin unit yang selalu tersedia (ready stock), soal suku cadang maupun servis pun tak perlu dirisaukan.

Baca juga:

Generasi Baru Motor 250 cc 4-silinder

Motor sport dengan kapasitas mesin 250 cc, boleh jadi merupakan primadona di Indonesia. Alasan itulah yang menguatkan KMI untuk untuk meluncurkan dan memproduksi motor berbasis mesin 250 cc di tanah air.

Kawasaki Ninja ZX-25R merupakan generasi terbaru dari motor sport Kawasaki era 90-an yang mengusung konsep serupa, yakni Ninja ZXR 250.

Hingga saat ini, memang belum ada lagi motor sport yang mengusung spesifikasi mesin 250 cc, 4-tak, dengan formasi 4-silinder. Jadi, generasi anyar Kawasaki ini adalah yang paling ditunggu oleh para pencinta motor sport di dunia sepanjang 2020 ini.

Dengan formasi 4-silinder, tentunya Ninja ZX-25R akan memiliki tenaga yang lebih buas ketimbang pendahulunya, Ninja 250R (250 cc 2-silinder). Disebut, Ninja ZX-25R mampu bertenaga lebih dari 45 dk (daya kuda), lebih tinggi dari Ninja 250R yang hanya 39 dk.

Motor ini juga diklaim mampu melesat dari diam (0 km) menuju 100 km/jam hanya dalam waktu 6,3 detik saja.

kawasaki ninja ZX-25R

Soal harga, jika merujuk Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta, maka di sana tercantum 2 kode yang boleh jadi merupakan 2 varian dari Ninja ZX-25R, yakni tipe ZX250G dengan angka Rp64,8 juta dan tipe ZX250F dengan nilai lebih tinggi Rp73,2 juta.

Taruh kata jika harga diler ditambahkan nominal Rp20 juta--guna kelengkapan surat dan pajak--dengan status on-the road (OTR) DKI Jakarta, maka bisa diprediksi harga motor bakal berada dalam kisaran Rp84,8 juta (tipe ZX250G) dan Rp93,2 juta (tipe ZX250F).

Lantas, kapan motor ini bakal diluncurkan secara resmi?

Jika mengikuti jadwal awal pihak KMI, maka April 2020 akan menjadi bulan peluncurannya. Namun dikarenakan wabah Covid-19, serta dengan kebijakan pemerintah soal PSBB, maka kabar terakhir menyebut motor ini baru akan diperkenalkan kepada kalangan media dan komunitas pada Juni 2020.

Baca juga:

Respons Publik Soal Kawasaki Ninja ZX-25R

Kemudian jika berbicara soal respons publik kepada produk Kawasaki Ninja ZX-25R pada beberapa bulan terakhir, tercatat ada peningkatan keingintahuan warganet terkait produk ini.

Kata kunci Kawasaki Ninja ZX-25R mulai mencuat pada periode Maret-April 2020, atau pada kurun sebulan terakhir dengan 354 mention.

Dalam statistiknya, terlihat kata kunci ini mencapai angka tertingginya pada 23 April dengan 73 mention, sedangkan untuk sebaran (reach) di media sosial, terjadi pada 24 April dengan catatan 297.069 sebaran.

Boleh jadi tingginya angka-angka itu disebabkan kabar bahwa motor ini bakal diproduksi di dalam negeri, sehingga keingintahuan publik meningkat.

kawasaki ninja zx-25R

kawasaki ninja zx-25R

kawasaki ninja zx-25R

Soal eksposur produk motor ini, tercatat kalangan blogger adalah yang paling gencar mengabarkan tentang kabar baik tersebut dengan 26,6 persen. Kemudian laman pemberitaan media online yang mencapai 23,4 persen, disusul media sosial twitter dengan skor 19,2 persen.

Sementara kanal video terkait produk ini, belum begitu banyak terekspos, dan hanya mendapatkan porsi sekitar 4 persen saja.

Statistik Penjualan Motor Kawasaki di Indonesia

Sebagai sebuah jenama yang identik memproduksi motor sport, adventure, dan retro klasik, tentunya penjualan varian motor Kawasaki juga mengalami fluktuasi.

Terutama sejak mulai populernya skuter matik (skutik) premium yang dimulai pada tahun 2015, dengan mengadopsi mesin 150 cc hingga 250 cc--semisal Yamaha NMax 155, Yamaha Aerox 155, Yamaha XMax 250, dan Honda PCX 150.

Berikut dilampirkan data penjualan motor Kawasaki di Indonesia dalam 12 tahun terakhir, menukil Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

kawasaki ninja zx-25R

Merujuk data di atas, sejak 2008 hingga 2014, penjualan motor Kawasaki selalu meningkat drastis, mulai dari 40 ribu unit pada 2008 hingga mencapai 165 ribu unit pada 2014.

Kemudian lima tahun setelahnya, trennya cenderung menurun. Bahkan pada 2015, angka penurunannya cukup drastis, yakni drop 30 persen dan hanya berhasil mengirimkan 115 unit ke konsumen.

Tren itu kemudian terus turun hingga pada akhir 2019 yang hanya berhasil memasukkan 70 ribu unit ke garasi konsumen.

Upaya tentunya terus dilakukan, salah satunya memberikan diskon pada beberapa produk dan melakukan pembaruan tampilan (facelift).

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini