4 Seniman Muda Indonesia yang Peduli Pendidikan

4 Seniman Muda Indonesia yang Peduli Pendidikan
info gambar utama

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Indonesia memiliki banyak anak muda yang kreatif dan menginspirasi. Mereka menekuni berbagai bidang sesuai minat dan bakat yang mereka miliki. Tidak hanya dari kalangan biasa, tak sedikit pula dari kalangan publik figur. Begitupun dengan para seniman Indonesia.

Di hari yang bersejarah untuk pendidikan Indonesia ini, yuk kita bahas empat seniman muda Indonesia yang peduli dengan pendidikan. Kepedulian mereka tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Siapa aja mereka? Berikut daftarnya.

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo - 4 Seniman Indonesia yang Peduli Pendidikan
info gambar

Sebagai wujud dari gagasan dan kontribusi nyata tanggung jawab sosial dirinya yang merupakan pekerja seni, Dian Sastro mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS). Dian sendiri memang dikenal concern dalam dunia pendidikan, seni kebudayaan, dan pemberdayaan perempuan Indonesia.

Lewat Instagram @yayasandian dijelaskan bahwa kegiatan yayasan dimulai pada tahun 2009 dengan program "Berbagi Buku Berbagi Ilmu", untuk menghidupkan taman bacaan dan membantu teman-teman sekolah dasar yang membutuhkan sumber ilmu pengetahuan. Masih banyak program lainnya yang diinisiasi oleh YDS untuk membantu dunia pendidikan.

Maudy Ayunda

Maudy Ayunda - 4 Seniman Indonesia yang Peduli Pendidikan
info gambar

Siapa yang tak tahu kalau perempuan satu ini sangat concern dengan dunia pendidikan? Maudy Ayunda membuktikannya. Ia berhasil menembus 2 universitas top dunia sekaligus untuk studi S1 dan S2-nya.

Kerennya lagi, Maudy tidak hanya concern dengan pendidikan untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk orang lain. Maudy pernah membuat program mentorship untuk mahasiswa yang baru masuk kuliah, dengan visi para mahasiswa tahu tujuan mereka dalam menempuh pendidikan.

Tidak hanya itu, Maudy juga pernah merilis buku anak-anak berjudul Kina and Her Fluffy Bunny dan Kina Makes a New Friend yang bertujuan untuk memudahkan anak-anak dalam memahami Bahasa Inggris.

Tulus

Tulus - 4 Seniman Indonesia yang Peduli Pendidikan
info gambar

Selain peduli dengan isu lingkungan, pelantun lagu Gajah ini juga peduli dengan pendidikan. Tulus pernah menggagas program "Bantu Guru Belajar Lagi" guna meningkatkan kualitas guru-guru di Indonesia dengan memberikan pelatihan di sekolah masing-masing.

Lewat program ini, Tulus juga berinisiasi mengumpulkan donasi yang dialokasikan untuk pengadaan program pelatihan guru-guru di wilayah. Tidak hanya itu, Tulus juga bergabung dalam gerakan Semua "Murid Semua Guru" bersama musisi lainnya.

Dengan gerakan ini, semua musisi yang terlibat berharap dapat meningkatkan kesadaran dan aksi masyarakat dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Cinta Laura

Cinta Laura - 4 Seniman Indonesia yang Peduli Pendidikan
info gambar

Cinta Laura juga memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap pendidikan. Diketahui kalau Cinta bersama keluarganya mendirikan Yayasan Soekarseno Peduli di Bogor. Sekolah di yayasan ini tidak memungut biaya sepeserpun untuk murid-muridnya.

Selain itu, anak-anak yang bersekolah di sini juga diajarkan pendidikan formal dan non-formal. Kerennya lagi, Cinta juga turut andil dalam memberikan donasi untuk sekolah ini yang digunakan untuk membayar gaji guru, dan membelikan buku anak-anak.

Oh ya, jika ada waktu senggang, Cinta juga menyempatkan diri untuk mengajar Bahasa Inggris di sana, lho!

Itulah empat seniman muda Indonesia yang bisa menginspirasi kita semua karena kepedulian mereka terhadap dunia pendidikan. Yuk, jadikan kisah mereka sebagai penyemangat dan motivasi untuk kita semua.

Jika Kawan GNFI ingin membaca artikel seru dan inspiratif lainnya, silakan kunjungi youngontop.com, atau ikuti media sosial mereka di @youngontop.*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini