Tiga Milenial Indonesia Ciptakan Platform Bantu Korban PHK

Tiga Milenial Indonesia Ciptakan Platform Bantu Korban PHK
info gambar utama

Berbagai sektor menjadi imbas dari mewabahnya sebuah pandemi Cvoid-19. Tidak hanya di dunia, begitu pun dengan di Indonesia. Sektor ekonomi menjadi salah satu imbasnya. Banyak perusahaan yang terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Menurut data dari Kementerian Ketenagakerjaan menyebutkan bahwa jumlah pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan terkait dampak pandemi Covid-19 mencapai 2,9 juta. Selain itu, Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru, bahwa sekitar 70% warga merasakan penurunan pendapatan dibanding sebelum wabah.

Melihat tingginya kasus PHK dan banyaknya orang yang menurun pendapatannya akibat Covid-19, menggerakkan tiga milenial Indonesia, yaitu Budy Sugandi, Abraham Auzan dan Rizky Rakhmat Oentoe untuk membuat gerakan kemanusiaan #GotongRoyong dengan membuat sebuah platform Klikerja.com.

Platform untuk membantu korban PHK | Foto: klikerja.com
info gambar

Klikerja adalah gerakan #GotongRoyong di tengah Pandemi Covid-19 untuk dapat membantu teman-teman yang mengalami PHK, atau kehilangan pekerjaan agar dapat bangkit dengan training skill gratis dan info terkait lowongan pekerjaan.

Klikerja berkolaborasi dengan para pihak yang dapat memberikan training secara gratis kepada para pencari kerja, serta membantu untuk menghubungkan dengan para mitra yang dapat memberikan pekerjaan.

Jika berminat, ada tiga tahapan yang bisa dilakukan. Pertama ialah daftarkan diri Kawan GNFI dan masukan curriculum vitae ke klikerja.com. Kedua mengikuti training online gratis sesuai minat dan tujuan pekerjaan. Dan terakhir, secara rutin akan ada daftar pekerjaan sehingga Kawan GNFI dapat mendaftar kerja.

“Kami tidak bergerak sendiri, tapi mengajak seluruh startup, perusahaan, hingga pengusaha Indonesia yang punya kepedulian untuk berkolaborasi dan membantu masyarakat kita khususnya mereka yang terkena dampak langsung Covid-19. Bisa dengan memberikan kelas online gratis atau memberikan pekerjaan kepada peserta yang telah mengikuti program training gratis tersebut,” Papar Budy Sugandi.

Jenis pekerjaan yang ada pada platform ini berupa full time atau part time dengan jenis pekerjaan per proyek atau per jam, sesuai dengan kebutuhan. Misalnya menjadi admin, penerjemah, programmer, hingga analis.

Bukan tanpa pengalaman, ketiganya memiliki banyak prestasi. Budy Sugandi dan Abraham Auzan sama-sama pernah meraih Short-course Australia Awards for leaders, dan Entrepreneurs and innovators of startup pada tahun 2016.

Budy juga merupakan Founder Klikcoaching, Abraham Co-founder Sehati TeleCTG, dan Rizky Rakhmat merupakan Co-founder AntikMebel. Meski ketiganya memiliki startup masing-masing, namun dalam hal kemanusiaan ini, mereka berkolaborasi agar bisa memberikan pelayanan yang optimal.

"Harapannya dengan hadirnya platform ini bisa membantu secara langsung masyarakat Indonesia agar bisa kembali hidup normal dan juga membantu perekonomian bangsa Indonesia yang sedang sakit," tutup Budi.

Bagi anda yang tertarik silahkan klik: https://klikerja.com/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini