Pandemi Corona, Mahasiswa UGM KKN Online

Pandemi Corona, Mahasiswa UGM KKN Online
info gambar utama

Pandemi Virus Corona tak menyurutkan semangat Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mendorong mahasiswanya berkontribusi melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan secara online.

Mulai 4 Mei lalu, 354 mahasiswa UGM akan mengikuti kegiatan KKN Peduli COVID-19 secara online. Para mahasiswa tersebar di 18 desa yang berada di wilayah DIY, diantaranya Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunungkidul, dan Kotamadya Yogyakarta.

Ternyata KKN Peduli COVID-19 yang diselenggarakan secara online ini bukan yang pertama, melainkan sudah memasuki periode ke-6. Prof. Irfan D. Prijambada, Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat, menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sejak mewabahnya COVID-19 di Indonesia.

"Karena tidak memungkinkan dalam kondisi sekarang untuk mahasiswa ke lapangan dan tinggal di tempat KKN selama dua bulan, pelaksanaan dilakukan secara daring dari kos atau rumah masing-masing mahasiswa," kata Irfan dikutip dari lansiran Urbanasia.

Irfan menegaskan bahwa selama masa KKN online, mahasiswa akan dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) dengan tema edukasi, sesuai penempatan mereka masing-masing.

"Sekarang ini mahasiswa diarahkan untuk terus menyampaikan informasi-informasi yang benar terkait COVID-19 ke masyarakat, berperang melawan hoaks," lanjut Irfan dikutip dari lansiran Kompas.

Tema umum KKN Peduli COVID-19 UGM ini adalah seputar ketahanan kesehatan. Mahasiswa yang menjalani KKN harus fokus mengedukasi masyarakat, mulai dari pengenalan, penanganan, pencegahan, hingga langkah mitigasi COVID-19.

Selain itu juga penting untuk dapat membantu masyarakat desa dalam menyiapkan perekonomian masyarakat pasca pandemi virus corona. Sehingga masyarakat bisa lebih siap ke depannya.

Ilustrasi penerjunan mahasiswa KKN UGM. Foto: Humas UGM
info gambar

"Sebelumnya perwakilan mahasiwa akan datang bertemu camat, kemudian komunikasi secara online, dengan satgas, sekdes. Sesekali mereka akan menengok untuk mengontrol kegiatan di lapangan," pungkas Irfan dikutip dari lansiran Okezone.

Irfan menyatakan akan ada sekitar 4.300-an mahasiswa yang akan disebar hampir merata setiap provinsi Indonesia untuk menjalani KKN online periode berikutnya. Hal ini akan terus dilakukan hingga pandemi virus corona berakhir.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini