Webinar "Wisata Heritage" Kenalkan 5 Situs Warisan Dunia di Indonesia

Webinar "Wisata Heritage" Kenalkan 5 Situs Warisan Dunia di Indonesia
info gambar utama

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak pecinta wisata budaya untuk mengenal lebih jauh lima situs warisan dunia berbasis budaya yang ada di Indonesia. Acara tersebut akan diadakan melalui webinar series "Wisata Heritage" yang akan diselenggarakan pada 14 Mei 2020 pukul 14.00 WIB.

Lima situs warisan dunia berbasis budaya tersebut adalah Kompleks Candi Borobudur, Kompleks Candi Prambanan, Situs Manusia Purba Sangiran, Sistem Subak Bali sebagai Manifestasi Filosofi Tri Hita Karana, dan Tambang Kuno Batubara Ombilin Sawahlunto.

Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Events Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani menyampaikan bahwa warisan budaya adalah salah satu alasan utama wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara mengunjungi Indonesia.

"Terlebih kelima situs ini memiliki keunikan tersendiri yang menjadikannya masing-masing satu-satunya di dunia," kata Rizki Handayani dikutip dari lansiran Medcom.

Webinar ini diharapkan dapat mengenal lebih jauh nilai-nilai budaya kepada masyarakat, yang dapat mendukung keberlanjutan (sustainability) secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Webinar Series Kemenparekraf. Foto: Kemenparekraf
info gambar

Tak hanya menjadi peserta, para wisatawan diharapkan menularkan pengetahuan dari webinar kepada masyarakat luas melalui media sosial. Dalam acara itu juga akan disampaikan teknik story telling melalui media sosial, seperti cara dan metode yang mampu membagi pengalaman berwisata, serta menarik orang untuk mengunjunginya.

"Melalui media ini, nilai-nilai tersebut dapat disampaikan secara naratif baik melalui visual, audio, photo caption/text, ataupun kombinasi tiga metode tersebut," kata Rizki Handayani dikutip dari lansiran Kumparan.

Narasumber pertama yang akan dihadirkan adalah Founder Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali yang akan berbicara tentang "Jejak Sejarah Heritage Tourism Candi Borobudur".

Sedangkan narasumber kedua adalah content writer, Astrid Savitri yang akan membahas "Storytelling Produk Wisata melalui Media Sosial".

Pengisi acara Webinar Series Kemenparekraf. Foto: Kemenparekraf
info gambar

"Narasi yang dibangun melalui story telling yang baik, akan mampu memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat, menambah pengalaman berkunjung wisatawan, hingga membangun rasa penasaran bagi orang-orang untuk mengunjungi situs-situs tersebut nantinya," kata Rizki Handayani dikutip dari lansiran Tempo.

Yuk ikut Webinar Wisata Heritage! Karena acara ini terbuka untuk umum. Jika kalian tertarik untuk bergabung menjadi Peserta dapat mendaftar diri kalian terlebih dulu melalui tautan berikut ini: https://s.id/heritage-borobudur.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini