Smart TV LG Lengkapi Perintah Suara Berbahasa Indonesia

Smart TV LG Lengkapi Perintah Suara Berbahasa Indonesia
info gambar utama

Kawan GNFI pengguna smart TV, jenama asal Korea, LG, mengumumkan fitur perintah suara (voice command) yang tersedia dalam Bahasa Indonesia untuk kendali smart TV mereka.

Tak hanya pada jajaran smart TV anyar, fasilitas ini juga bisa dinikmati pada seri smart TV LG keluaran tahun 2019. Semua itu bisa dinikmati tentunya karena adanya pembaruan (update) pada perangkat lunak LG ThinQ AI yang menjadi basis platform smart TV LG.

Dengan fasilitas ini, LG mengklaim sebagai jenama yang menyediakan smart TV pertama di dunia yang memiliki fitur perintah suara Bahasa Indonesia.

''Hal ini menjadi bagian upaya kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam memberi pengalaman lebih baik dalam interaksi pengguna dengan TV sebagai media hiburan keluarga,'' ujar Park Myungkil, Product Head HE PT. LG Electronics Indonesia, menukil Siaran Pers (15/5/2020).

Mempermudah Akses dan Pengaturan

Park mejelaskan, perintah suara Bahasa Indonesia pada smart TV LG, tentunya bakal membuat penggunanya lebih mudah dan cepat dalam mengakses berbagai menu dan pengaturan TV.

Termasuk untuk mengubah input sinyal, melakukan pengaturan gambar, hingga pengaturan volume, dan menyetel aktivasi TV secara mandiri.

Bahkan, pengguna juga dapat memanfaatkan perintah suara dalam Bahasa Indonesia untuk melakukan pencarian berbagai konten pada browser internet. Jadi, pengguna tak perlu repot mengetik subjek kata/informasi yang dicari.

Lain itu, perintah suara berbasis Bahasa Indonesia ini disusun untuk memudahkan interaksi kata yang diucapkan. Pendek kata, perintah suara itu akan dideteksi secara akurat, sehingga output-nya akan sesuai dengan apa yang diperintahkan.

Misalnya, pengguna cukup mengatakan ''Atur waktu tidur'', maka smart TV ini secara otomatis akan melakukan pengaturan tenggat waktu non-aktif.

Untuk melakukan pencarian konten berbasis browser pun tak kalah gampang. Mulai dari pencarian judul film, lagu, maupun berita yang tengah populer dapat dilakukan dengan mudah.

Cukup dengan perintah sederhana ‘cari’, kemudian diikuti judul film dimaksud dan diakhiri dengan layanan streaming video tertentu, smart TV LG akan langsung melakukan kurasi sesuai yang diperintahkan.

Untuk Semua Varian Smart TV LG

Sementara Product Manager HE PT. LG Electronics Indonesia, Verina Widya, menyatakan bahwa tak akan ada kesulitan bagi pengguna untuk dapat membuat perintah suara dalam Bahasa Indonesia bekerja pada smart TV LG.

Ia mengingatkan, untuk memdapatkan pembaruan perangkat lunak LG ThinQ AI atas ketersediaan fitur Bahasa Indonesia, bisa didapatkan dengan memastikan smart TV terkoneksi dengan internet.

Lain itu, perintah suara kemudian akan dapat digunakan dengan berbicara melalui Magic Remote TV LG.

Tentunya ketersediaan perintah suara dalam Bahasa Indonesia ini tidak hanya terdapat pada smart TV LG kelas premium, seperti NanoCell TV dan OLED TV LG.

Pihak LG menyatakan bahwa layanan fitur ini juga tersedia pada smart TV LG besutan tahun 2019. Mulai dari TV dengan resolusi High Definition (HD) hingga 4K Ultra HD (4K UHD).

''Kami ingin kabar baik ini menjangkau lebih banyak pengguna. Untuk memberi pengalaman lebih baik sekaligus inspirasi mengenai evolusi interaksi pengguna dan TV di masa mendatang,” pungkas Verina.

Baca juga:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini